Jowonews

Logo Jowonews Brown

KKP Dorong Bantuan Kapal Nelayan Nusantara

JAKARTA, Jowonews.com – Kementerian Kelautan dan Perikanan pada tahun 2018 tetap berkomitmen mendorong bantuan kapal hingga alat penangkap ikan untuk nelayan Nusantara guna mengembangkan sektor kelautan dan perikanan di Tanah Air.

“Bantuan kepada nelayan saat ini terasa sekali seperti sudah terbangunnya sekitar 1.500 kapal bantuan,” kata Dirjen Perikanan Tangkap KKP Sjarief Widjaja di Jakarta, Kamis (11/1/2018).

Pada tahun 2017,Ditjen Perikanan Tangkap diketahui telah menyelesaikan pembangunan 855 unit kapal perikanan beragam ukuran.

Selain itu, ujar dia, telah dirampungkan pengadaan dan distribusi kapal perikanan pada tahun sebelumnya sebanyak 696 unit sehingga apabila dijumlahkan telah selesai sebanyak 1.451 unit.

Untuk melengkapi bantuan kapal perikanan, KKP telah menyelesaikan permasalahan alih alat penangkapan ikan (API) yang tidak ramah lingkungan ke API yang ramah lingkungan.

“Tercatat sebanyak 7.255 paket telah diserahkan kepada nelayan hingga akhir tahun 2017 ini,” ucapnya.

Jika dihitung sejak 2015, maka total bantuan API ramah lingkungan sampai 2017 mencapai 9.021 paket.

Dirjen Perikanan Tangkap mengatakan, bantuan sarana penangkapan ikan bertujuan memberikan peluang yang semakin besar kepada nelayan lokal agar bisa melaut.

“Stok sumber daya ikan yang kian melimpah harus dimanfaatkan dengan optimal dan berkelanjutan,” tuturnya.

Adapun program tahun 2018 antara lain adalah pembangunan kapal perikanan sebanyak 522 unit, 1.702 paket API ramah lingkungan, mesin kapal perikanan sejumlah 500 unit, bengkel kapal perikanan di 1 lokasi, 4 lokasi Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT), 4 lokasi Tempat Pelelangan Ikan (TPI) perairan darat, 3 lokasi kedai nelayan, 10 lokasi kampung nelayan, 15 lokasi TPI higienis, dan 500.000 premi asuransi nelayan.

“Kami ingin program bantuan pemerintah ini selain dapat meningkatkan kesejahteraan dan pendapatan nelayan juga dapat menjagi keberlanjutan sumber daya ikan tetap lestari,” pungkasnya. (JWN3/Ant)

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca juga berita lainnya...