Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Klaim Asuransi Nelayan Jateng Capai Rp 8 Miliar

KUDUS, Jowonews.com — PT Jasindo sebagai penyelenggara program asuransi nelayan telah menyalurkan dana sebesar Rp8 miliar untuk klaim yang diajukan sepanjang Januari-Oktober 2017.

“Klaim asuransi sebesar itu berasal dari puluhan nelayan yang tersebar di tiga kabupaten,” kata Kepala Kantor Pembantu PT Jasindo Kudus Aldo Aldustur di Kudus, Jawa Tengah, Senin (20/11).

Ketiga kabupaten tersebut, yakni Kabupaten Pati, Rembang dan Jepara. Ia mengatakan, klaim terbesar berasal dari Kabupaten Rembang mencapai Rp3,59 miliar, disusul dari Kabupaten Jepara sebesar Rp3,1 miliar dan Kabupaten Pati sebesar Rp1,32 miliar.

Untuk klaim asuransi untuk nelayan yang meninggal alami atau sakit, kata dia, mencapai Rp160 juta, meninggal karena kecelakaan laut sebesar Rp200 juta, sedangkan santunan karena cacat tetap per orang bisa mencapai Rp9 juta.

Adapun rinciannya, kata dia, untuk klaim asuransi nelayan dari Kabupaten Rembang, meliputi meninggal alami atau sakit sebanyak 22 orang, sedangkan pengobatan karena kecelakaan untuk dua orang totalnya Rp75,36 juta.

Sementara untuk Kabupaten Jepara, tercatat ada 19 nelayan yang meninggal alami atau sakit, biaya pengobatan karena kecelakaan untuk enam orang totalnya Rp24,8 juta dan santunan cacat tetap untuk dua orang sebesar Rp18 juta.

Untuk Kabupaten Pati tercatat ada satu nelayan yang meninggal karena kecelakaan laut dan mendapatkan klaim sebesar Rp200 juta.

Sedangkan meninggal alami atau sakit tercatat ada tujuh orang dan masing-masing ahli waris mendapatkan Rp160 juta, serta biaya pengobatan karena kecelakaan sebesar Rp3,6 juta untuk satu orang. (jwn5/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...