Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kominfo Klaim tak Satupun Akun Facebook Indonesia Disedot Cambrigde Analtica

JAKARTA, Jowonews.com — Kementerian Komunikasi dan Informatika menyatakan investigasi awal yang dilaporkan Facebook kepada pihaknya dalam surat tidak terdapat akun dari Indonesia yang bocor terkait kasus Cambridge Analytica.

“Investigasi awal tidak ada satupun yang namanya dari Indonesia tersedot Cambridge Analytica ini,” ujar Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Aptika) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Semuel Abrijani di Jakarta, Selasa.

Semuel mengatakan hasil investigasi awal tersebut senada dengan tidak adanya laporan masyarakat yang merasa akunnya bocor kepada Polri.

Dalam investigasi awal itu juga disebutkan dari laporan sebelumnya sebanyak 87 juta akun yang disalahgunakan datanya oleh Cambridge Analytica, ternyata hanya 30 juta dan hanya di AS.

Semuel mengatakan berdasarkan investigasi awal juga ditemukan tidak ada pelanggaran pengamanan data yang dilakukan facebook dan Cambridge Analytica tidak pernah sekalipun menembus pengamanan data itu.

Adapun informasi yang dapat dibagikan tergantung pada pengaturan privasi masing-masing akun Facebook.

“Tidak ada kebocoran, yang ada sesuai dengan perjanjian Facebook dengan Cambridge Analytica itu juga dibatasi bagaimana pengaturan privasi levelnya,” kata Semuel. (jwn5/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...