Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Konsumsi Ikan Perlu Ditingkatkan

KEBUMEN, Jowonews.com – Wakil Bupati Kebumen Yazid Mahfudz mengajak masyarakat untuk meningkatkan konsumsi makannan berbahan baku iklan, karena kandungan gizinya yang tinggi dan bermanfaat bagi kesehatan.Makanan olahan berbahan baku ikan, seperti dalam wujud nuget ikan, sosis ikan, baso ikan, siomai, batagor, dan empek-empek

“Masyarakat harus meningkatkan konsumsi ikan, karena gizinya cukup tinggi sehingga sangat bermanfaat bagi kesehatan,” katanya di Kebumen, Selasa (10/5).

Pemerintah Kabupaten Kebumen hingga saat ini terus mensosialisasikan kesadaran masyarakat untuk gemar mengonsumsi ikan atau mengolah menu makanan berbahan baku ikan guna meningkatkan konsumsi ikan di daerah setempat.

Data Dinas Kelautan dan Perikanan Pemkab Kebumen pada 2014, tingkat konsumsi ikan oleh masyarakat setempat 12,28 kilogram per kapita per tahun, sedangkan pada 2015 meningkat menjadi 13,65 kilogram per kapita pertahun. Angka tersebut tergolong masih rendah. Tingkat konsumsi ikan Provinsi Jawa Tengah 20,92 kilogram per kapita per tahun, sedangkan secara nasional 38,65 kilogram per kapita per tahun.

Ia juga mengajak masyarakat menyajikan menu makanan berbahan baku ikan dalam keluarganya, terutama untuk anak-anak yang membutuhkan asupan gizi secara memadai bagi pertumbuhannya.

Pihaknya mengaku masih perlunya penguatan budaya masyarakat setempat terkait dengan konsumsi ikan, peningkatan pemahaman masyarakat terhadap potensi makanan berasal dari ikan, dan anggapan keliru bahwa makan ikan sebagai tidak bergengsi. Selain itu, ujarnya, masyarakat harus mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang memadai soal mengolah makanan berbahan ikan agar bisa secara variatif. (JN19/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Baca juga berita lainnya...