Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Konsumsi Pertalite di Jateng Terus Meningkat

SEMARANG, Jowonews.com – Konsumsi bahan bakar minyak jenis pertalite oleh masyarakat terus meningkat dari bulan ke bulan karena BBM itu semakin dikenal, kata Manager Komunikasi PT Pertamina (Persero) Area Jawa Bagian Tengah Suyanto.

“Berdasarkan data kami, konsumsi pertalite pada bulan Maret 2016 sebesar 15 ribu kiloliter atau naik 50 persen dibandingkan periode bulan Februari 2016,” katanya di Semarang, Jumat.

Namun, karena pertalite baru dipasarkan di wilayah Jateng-DIY mulai Agustus 2015, tidak ada perbandingan data periode yang sama pada 2015.

Ia mengatakan realisasi BBM subsidi jenis solar periode yang sama pada 2016 mencapai 386 ribu kiloliter atau naik 1,5 persen daripada periode yang sama pada 2015.

Realisasi pertamax pada periode Januari-Maret mencapai 103 ribu kiloliter atau naik 33 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada 2015.

Di sisi lain, peningkatan konsumsi yang terjadi di sejumlah jenis BBM tersebut tidak diikuti dengan konsumsi premium.

Data Pertamina menunjukkan realisasi BBM premium pada Januari-Maret 2016 mencapai 670 ribu kiloliter atau turun 1,9 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Saat ini, katanya, rata-rata konsumsi harian normal 8.800 kiloliter.

Meski jika dibandingkan pada tahun sebelumnya mengalami penurunan, Suyanto mengatakan pada saat penurunan harga mulai 1 April lalu hingga dihitung satu minggu setelahnya, yaitu 7 April terjadi peningkatan konsumsi rata-rata harian premium mencapai 13 persen.

Secara keseluruhan, untuk konsumsi BBM pascapenurunan harga yaitu ada peningkatan konsumsi 32 persen pada produk pertamax. Rata-rata harian normal untuk pertamax 1.300 kiloliter per hari.

Untuk pertalite juga mengalami peningkatan 47 persen pascapenurunan harga. Saat ini, konsumsi harian normal untuk pertalite 494 kiloliter per hari. (jn03/ant)

BACA JUGA  Jateng Borong 22 Penghargaan Awarding Top 99 Inovasi Pelayanan Publik

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Baca juga berita lainnya...