Jowonews

Logo Jowonews Brown

Semua Korban Gempa Bumi Aceh Sudah Dievakuasi

PIDIE JAYA, Jowonews.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pidie Jaya memastikan semua korban gempa bumi di Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, sudah terevakuasi.

“Semua korban sudah terevakuasi. Sekarang kami akan melakukan pembersihan reruntuhan bangunan yang ambruk,” kata Kepala Humas BPBD Pidie Jaya Ridwan di posko penanganan korban, Minggu (11/12).

Ridwan menyebutkan, sebanyak 43.000 korban gempa sudah menempati 45 posko pengungsian yang tersebar di seluruh Kabupaten Pidie Jaya.

Kasi Operasi Basarnas Al-Husain juga membenarkan pernyataan BPBD. Selanjutnya, kedua tim akan bekerjasama untuk melakukan pembersihan reruntuhan bangunan.

“Tidak ada lagi korban yang tertimbun reruntuhan bangunan,” ujar Al-Husain.

Pembersihan reruntuhan bangunan akan dilakukan di tiga kecamatan, meliputi Meureudu, Tringgaden dan Uleee Glee.

Guncangan gempa 6,4 SR terjadi pada Rabu (7/12) pagi pukul 05.03 WIB, berlokasi di 5.19 lintang utara, 96.36 barat timur dan 18 kilometer timur laut Kabupaten Pidie Jaya dengan kedalaman 10 kilometer.

Hingga saat ini, total korban yang meninggal dunia sebanyak 100 orang dan yang luka berat sebanyak 565 orang.

Usai gempa, kondisi Kabupaten Pidie Jaya terbilang parah. Sebanyak 105 unit ruko roboh, 348 rumah rusak berat, 14 masjid rusak berat, RSUD Pidie Jaya rusak berat, dan satu unit sekolah roboh. Beberapa ruas jalan juga mengalami keretakan. (jn03/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...