Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Korban Keracunan Pati Capai 54 Orang

PATI, Jowonews.com – Jumlah korban keracunan makanan di Desa Winong, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, bertambah menjadi 54 orang dari jumlah sebelumnya 30 orang.

Kepala Desa Winong Jarnawi di Pati, Selasa, mengatakan, dari puluhan orang yang keracunan tersebut, tujuh orang di antaranya menjalani rawat inap di rumah sakit.

Empat orang dirawat di Rumah Sakit Mitra Bangsa, dua orang dirawat di Rumah Sakit TNI Marga Husada, dan satu orang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah Soewondo.

Sebetulnya, kata dia, hampir semua orang yang keracunan dilarikan ke dokter umum di desa setempat, serta ada yang dibawa ke bidan desa.

“Namun, kondisi fisiknya masih bagus dan tidak perlu rawat inap dan cukup hanya rawat jalan,” ujarnya.

Petugas Dinas Kesehatan Kabupaten Pati Sukahar menyatakan pihaknya mengambil satu kotak nasi putih beserta lauk seperti sambal goreng, tumis kacang, bihun, oseng jamur kuping dan ayam bumbu bali untuk dijadikan sampel dan diuji di laboratorium makanan di Semarang.

Kue apam, pisang, dan ketan juga ikut dijadikan sampel untuk memastikan penyebab terjadinya keracunan yang dialami puluhan warga.

Peristiwa keracunan tersebut berawal ketika puluhan warga Desa Winong, Kecamatan Pati Kota, Pati, menyantap nasi kotak pemberian salah seorang warga yang bernama Ramli Chaniago yang menggelar hajatan pada Minggu (17/4) malam.

Keesokan harinya, sejumlah warga merasakan mual, pusing, dan badan lemas, sehingga tercatat ada enam warga yang harus dilarikan ke rumah sakit untuk menjalani perawatan. Pada Selasa, satu orang lagi harus menjalani rawat inap.

Ramli memesan sekitar 70 nasi kotak kepada pengusaha katering di desa setempat untuk diberikan kepada sejumlah tetangga terdekat. (jn16-ant)

BACA JUGA  Aksi Premanisme Di Pasuruan

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...