Jowonews

Logo Jowonews Brown

Korowelang Kulon akan Jadi Proyek Percontohan Cabai Merah

KENDAL, Jowonews.com – Desa Korowelang Kulon, Kecamatan Cepiring akan dijadikan proyek percontohan penanaman cabai merah kualitas tinggi. Proyek percontohan cabe merah tersebut diharapkan dapat meningkatkan produktivitas tanaman cabai di Kendal, sehingga mampu mencukupi kebutuhan masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Anggota DPR-MPR RI, H Fadholi saat panen cabai secara simbolis di areal pertanian Desa Korowelang Kulon Kecamatan Cepiring, Minggu (8/5).
Dikatakan, beberapa waktu lalu pihaknya memberikan bantuan berupa bibit dan sumur kepada kelompok Tani Tegal di Desa Korowelang Kulon Kecamatan Cepiring. Kelompok tani menanam cabai tersebut seluas satu hektare yang berada di dua lokasi. Hasilnya saat panen ini sangat bagus meski sempat mengalami kekurangan air.
”Hasilnya bagus, namun sayang saat ini harga cabai merah murah yaitu Rp10 ribu per kilogram di pengepul. Tapi biasanya menjelang puasa dan lebaran nanti akan meningkat,” katanya.

Pihaknya sangat bersyukur bantuan tersebut dapat dikelola dengan baik oleh Kelompok Tani Tegal, sehingga akan meningkatkan kesejahteraan mereka. Menurutnya, , tanaman cabai bisa menjadi tanaman alternatif petani setelah menanam padi, sehingga bisa menambah penghasilan mereka.
”Kami ikut senang ternyata hasilnya bagus, untuk sumur yang tidak ada airnya nanti akan kami carikan solusinya,”ujarnya.

Nova Tohari, Ketua Poktan Tegal mengaku senang program tanam cabai lestari yang diamanahkan ke kelompoknya dapat dilaksanakan dengan baik. Dikatakan yang menjadi kendala petani yaitu masalah air sehingga meski sudah dibuatkan sumur di sekitar tanaman namun kurang bisa dimanfaatkan karena sumur tidak mengeluarkan air. ”Untuk itu kami minta pompa air sehingga saat kemarau, masalah air bisa diatasi,” tandas Tohari. (JN09/JN19)

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca juga berita lainnya...