Jowonews

Logo Jowonews Brown

Korsleting Listrik RUBT RSAL Mintohardjo, Ketum PGRI Sulistyo Meninggal Dunia

JAKARTA, Jowonews.com – Ketua Umum Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) yang juga anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Sulistyo, meninggal dunia di Rumah Sakit Angkatan Laut Mintoharjo, Jalan Bendungan Hilir, Jakarta Pusat, Senin.

Ketua Balitbang PGRI, Abduh Zen mengakui bahwa memang tiga hari yang lalu, Sulistyo kurang enak badan. Terakhir dia bertemu Sulistyo saat pertemuan PGRI dua hari yang lalu.

Abduh mengaku terpukul dengan kepergian Sulistyo karena selama ini dia dikenal sebagai pejuang dalam membela kepentingan guru di Tanah Air. “Beliau sangat tekun, baik, ulet serta sabar. PGRI mengalami banyak kemajuan di era kepemimpinan beliau,” cetus dia.

Sementara, Kepala Dinas Penerangan TNI AL, Laksamana Pertama M Zainudin, dalam keterangan persnya membenarkan adanya peristiwa yang merenggut nyawa Ketum PGRI sekaligus Anggota DPD tersebut.

Zainudin mengatakan terjadi kebakaran ruang tabung chamber Pulau Miangas Gedung Ruang Udara Bertekanan Tinggi (RUBT) lama RSAL Mintohardjo yang diakibatkan korseleting listrik, sehingga menimbulkan asap putih lebat dan pasien yang ada di dalam tabung terbakar dan tidak dapat diselamatkan.

Kronologis kejadian terapi dimulai pada pukul 11.30 dengan tekanan 2,4 atmosfir. Kemudian sekitar pukul 13.00, ketika tekanan baru mulai dikurangi menuju satu atmosfir, pada pukul 13.10 WIB terlihat percikan api di dalam “chamber”.

Operator dengan cepat membuka sistem kebakaran tapi api dalam chamber secara cepat langsung membesar dan tekanan dalam chamber naik dengan cepat sehingga katup keamanan terbuka dan menimbulkan ledakan. Beberapa saat kemudian api mulai padam namun korban tidak dapat diselamatkan.

Pada pukul 14.00 WIB, korban dapat di evakuasi dan segera di bawa ke kamar jenazah RSAL Mintoharjo. Sampai saat ini, belum bisa diambil kesimpulan penyebab terjadinya kebakaran. Selain Sulistyo, terdapat tiga korban lainnya yakni Irjen Pol Purnawirawan Abu Bakar, Edi Suwandi dan Dimas.

Seorang saksi mata yang enggan disebutkan namanya, mengaku mendengar bunyi ledakan yang berasal dari salah satu gedung itu. “Saya kaget, saya kira ada ledakan apa,” kata seorang ibu yang sedang menjenguk anaknya di RS itu. (jn03/ant)

BACA JUGA  4 Pasien Tewas Akibat kebakaran RS Mintoharjo

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...