Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kota Magelang Peringkat Kedua Pendapatan Daerah Tertinggi di Indonesia

Kota Magelang Peringkat Kedua

MAGELANG Kota Magelang, Jawa Tengah, mendapatkan peringkat kedua sebagai kota dengan realisasi pendapatan daerah tertinggi di Indonesia pada tahun 2021. Penghargaan ini diberikan Kementerian Dalam Nageri (Kemendagri). Selain itu pada kesempatan yang sama, Kota Magelang juga mendapatkan penghargaan Taspen Awards dari PT Taspen.

Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz, dikutip dari Antara Jateng, mengatakan pada tahun 2020 pendapatan daerah Kota Magelang Rp290.756 miliar dan tahun 2021 mengalami kenaikan menjadi Rp.319.352 miliar.

“Meskipun di masa pandemi, kontribusi masyarakat terhadap pendapatan daerah masih tinggi di semua lini,” kata Aziz.

Ia bersyukur atas penghargaan yang didapatkan jajarannya. Menurutnya ini sebagai motivasi untuk melayani masyakarat semakin baik lagi.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Magelang Susilowati mengatakan, Pemkot Magelang terus berupaya meningkatkan pendapatan daerah setiap tahunnya. Langkah yang dilakukan di antaranya insentifikasi pendapatan dengan menggali berbagai sumber pendapatan di Kota Magelang.

“Kalau sekarang menyesuaikan kenaikan nilai jual objek pajak (NJOP), jadi NJOP tanah di Kota Magelang semakin tinggi, maka otomatis menambah pendapatan daerah juga terutama bea perolehan hak atas tanah dan bangunan (BPHTB),” lanjut Susi.

Selain itu, pihaknya memberikan penghargaan untuk para wajib pajak yang membayar pajak tepat waktu, terutama Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Upaya ini untuk memotivasi agar masyarakat membayar PBB dengan disiplin.

Upaya lainnya, adalah melakukan pemantauan penerimaan wajib paja menggunakan alat monitoring transaksi elektronik. Hal ini untuk meningkatkan kepatuhan wajib pajak terhadap peraturan perundang-undangan.

Kemudian, lanjutnya, mengoptimalkan sistem pajak online, dan sistem retribusi online, melakukan monitoring dan evaluasi penerimaan pendapatan daerah secara rutin dengan OPD penghasil untuk mengatasi semua permasalahan yang ada.

BACA JUGA  TPA Banyu Urip Kota Magelang Sudah Overload

Perlu diketahui, pada penghargaan tersebut Pemkot Magelang bersanding dengan Pemprov Sumatera Barat dan Pemkab Ogan Komering Ulu (OKU) Sumatera Selatan.

Para peraih penghargaan mendapatkan tropi dan piagam, serta satu unit mobil ambulan dari PT Taspen Persero.

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca juga berita lainnya...