Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

KPU Cilacap Siap Laksanakan Tahapan Pilkada 2017

CILACAP, Jowonews.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, menyiapkan tahapan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah 2017 meskipun Peraturan KPU (PKPU) terkait pilkada serentak tahap kedua itu belum turun.

“Kami memang masih menunggu perubahan PKPU Nomor 2 Tahun 2015, khususnya mengenai tahapan. Namun kami tetap harus mengantisipasi tahapan yang akan dijalani,” kata Ketua KPU Kabupaten Cilacap Indon Tjahjono di Cilacap, Sabtu.

Oleh karena itu, kata dia, pihaknya telah menyiapkan tahapan termasuk regulasi Pilkada 2017 dengan mengacu pada PKPU Nomor 2 Tahun 2015.

Dalam hal ini, lanjut dia, pihaknya membuat simulasi tahapan Pilkada 2017 dengan menghitung mundur berdasarkan hari H pemungutan suara saat Pilkada Serentak 2015 yang digelar pada tanggal 9 Desember.

“Pilkada Serentak 2017 telah ditetapkan tanggalnya, yakni 15 Februari. Kami menggunakan hari H pemungutan suara Pilkada Serentak 2015 sebagai patokan dalam membuat simulasi tahapan, misalnya jadwal pembentukan badan penyelenggara seperti panitia pemungutan suara dan panitia pemilihan kecamatan,” katanya.

Ia mengatakan bahwa dalam membuat simulasi tahapan pembentukan badan penyelenggara, pihaknya menghitung mundur dari tanggal 15 Februari 2017 dengan mengacu pada jadwal atau tahapan yang ditentukan saat Pilkada Serentak 2015.

Berdasarkan simulasi tersebut, kata dia, tahapan pembentukan badan penyelenggara diperkirakan akan berlangsung pada bulan Mei, pendaftaran pasangan calon bupati-wakil bupati dari jalur perseorangan diperkirakan pada bulan Agustus, dan pendaftaran pasangan calon bupati-wakil bupati yang diusung partai politik diperkirakan pada bulan Oktober.

Menurut dia, simulasi tersebut hanya menjadi pegangan KPU Cilacap untuk mempersiapkan penyelenggaraan Pilkada 2017 sehingga jika PKPU-nya telah turun, pihaknya tinggal menyesuaikan jadwalnya.

“Pada prinsipnya, kami sudah siapkan termasuk anggaran juga telah final. Kami sudah kirimkan ke Pemerintah Kabupaten Cilacap,” katanya.

BACA JUGA  LPP PWI Jateng Mendaftar Ke KPU Semarang

Indon mengatakan bahwa berdasarkan rapat dengan Panitia Anggaran, KPU Cilacap mendapatkan alokasi anggaran sebesar Rp38,5 miliar untuk Pilkada 2017.

Menurut dia, besaran anggaran tersebut berdasarkan asumsi pilkada akan diikuti oleh lima pasangan calon bupati-wakil bupati yang terdiri atas empat pasangan calon yang diusung partai politik dan satu pasangan calon dari jalur perseorangan.

“Saat simulasi awal, kami merencanakan enam pasangan calon yang terdiri atas empat pasangan calon dari partai dan dua pasangan dari jalur perseorangan. Namun dalam rapat dengan Panitia Anggaran diputuskan hanya lima pasangan calon dengan mengurangi pasangan calon dari jalur perseorangan,” katanya.

Kendati demikian, dia mengatakan jika nantinya ternyata ada dua pasangan calon dari jalur perseorangan, pihaknya akan mengajukan tambahan anggaran. (jn03/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...