Jowonews

Logo Jowonews Brown

KPU Kota Surakarta Temukan 11.655 Lembar Surat Suara Pemilu 2019 Rusak

SOLO, Jowonews.com – Komisi Pemilihan Umum Kota Surakarta, Jawa Tengah, menemukan 11.655 lembar surat suara untuk Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden 2019 di Kota Solo mengalami kerusakan.

Ketua KPU Kota Surakarta Nurul Sutarti di Solo, Kamis, menjelaskan penemuan surat suara rusak itu setelah penyortiran dan pelipatan terhadap 30.439 surat suara selesai, Rabu (27/2).

KPU setempat dalam kegiatan itu melibatkan 20 orang tenaga, baik warga setempat maupun mahasiswa.

Nurul Sutarti mengatakan bahwa pihaknya sudah membuatkan surat berita acara, kemudian melaporkannya ke KPU Pusat.

Ribuan surat suara rusak ini akan dimusnahkan pada H-1 pencoblosan pemilu serentak. Hal ini sesuai perintah KPU RI untuk menghindari penyalahgunaan surat suara pada saat pencoblosan.

“Kami tinggal menunggu datangnya surat suara untuk pemilu anggota legislatif, baik anggota DPR RI, DPD, DPRD Provinsi Jateng, dan mapun Kota Surakarta,” katanya.

Ia lantas menyebutkan sejumlah kerusakan surat suara, antara lain, terdapat bercak tinta pada gambar salah satu pasangan calon presiden dan wakil presiden, warna tinta ada yang luntur atau bergelembung.

Surat suara yang rusak, kata dia, dikumpulkan untuk disimpan, kemudian dimusnahkan.

KPU dalam pemusnahan surat suara rusak akan mengundang anggota Bawaslu Kota Surakarta dan kepolisian untuk menjadi saksi.

Menyinggung soal daftar pemilih tetap hasil perbaikan tahap kedua (DPTHP-2) dan daftar pemilih tambahan (DPTb), dia menyebutkan 422.773 orang dengan jumlah TPS bertambah dua menjadi 1.734 titik. (jwn5/ant)

BACA JUGA  Perhompedin Ajak Masyarakat Surakarta Cegah Kanker

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...