Jowonews

Logo Jowonews Brown

KPU Sosialisasi Pilkada Serentak Di Wilayah Pinggiran

GUNUNG KIDUL, Jowonews.com – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, terus melakukan sosialisasi Pemilihan Kepala Daerah serentak 9 Desember 2015 di wilayah pinggiran mengantisipasi masyarakarat tidak menggunakan hak pilih.

“Sasaran sosialisasi adalah wilayah dengan basis massa paling banyak tidak menyalurkan hak pilih,” kata Ketua KPU Gunung Kidul Zaenuri Ikhsan di Gunung Kidul, Kamis.

Ia mengatakan berdasarkan data dari pemilihan legislatif (pileg) maupun pemilihan presiden (pilpres), Kecamatan Girisubo angka partisi pemilihan umum terendah dibandingkan 17 kecamatan lainnya.

“Dari data dua pemilihan sebelumnya di Girisubo tergolong rendah. Untuk itu, kami sosialisasikan kepada warga terkait pilkada, harapannya partisipasi meningkat,” katanya.

Ia mengatakan pada Pemilu 2014, di Kecamatan Girisobo, partisipasi pemilih kurang lebih 70 persen dan sisanya tidak menyalurkan hak pilih. Hal ini, dikarenakan banyak warga merantau keluar daerah untuk bekerja. Untuk itu pihaknya terus berupaya agar partisipasi meningkat.

“Kalau persoalannya demikian kami tidak bisa berbuat banyak. Kami hanya berupaya memaksimalkan potensi suara yang ada saja,” katanya.

Zaenuri mengatakan untuk menghindari golput, pihaknya terus menggencarkan sosialisasi. Belum lama ini, di Pendopo Kecamatan Girisubo berlangsung sosialisasi pemilukada dengan tema “Mensukseskan Pemilukada Kabupaten Gunung Kidul 9 Desember 2015, Yang Aman, Lancar dan Damai.

“Kami terus berupaya untuk meningkatkan angka partisipasi warga. Kami targetkan untuk pilkada seluruh kabupaten sebsear 80 persen,” katanya.

Kegiatan tersebut mengundang narasumber seperti, Sekcam Girisubo Edi Sedono, Ketua FKUB Gunung Kidul Iskanto, Ketua FKDM Gunung Kidul Harsono, Kasi Ormas dan Politik Kesbangpol Gunung Kidul Arkham Mashudi, dan dari Polsek Girisubo Ipda Lasidi.

Sekcam Girisubo Edi Sedono mengapresiasi langkah KPU mensosialisasikan pilkada langsung ke masyarakat. Harapannya pemilih akan meningkat.

BACA JUGA  Rp 400 M Untuk Gelar Pilkada Serentak di Jateng tahun 2015

Kegiatan itu diikuti sekitar 65 orang dari berbagai elemen masyarakat, katanya.   (Jn16/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...