Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

KPU Temanggung Siapkan Tahapan Pilkada 2018

TEMANGGUNG, Jowonews.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, sedang mempersiapkan tahapan pemilihan kepala daerah serentak pada Juni 2018.

Komisioner KPU Kabupaten Temanggung, Agus Istanto di Temanggung, Senin (17/7), mengatakan KPU pusat telah memutuskan beberapa Peraturan KPU, tahapan Pilkada saat ini sudah dipersiapkan.

Ia menyebutkan, dalam Pilkada serentak mendatang ada beberapa tahapan yang harus dilaksanakan, antara lain tahapan pemutakhiran data pemilih, pencalonan, kampanye, dan dana kampanye.

“Setiap tahapan sudah ada jadwalnya sehingga akan dilaksanakan pada waktunya nanti,” katanya.

Ia mencontohkan tahapan sosialisasi pelaksanaan Pilkada, tahapan ini membutuhkan waktu kurang lebih selama satu tahun sehingga sosialisasi bisa dilaksanakan sampai hari terakhir yang telah ditetapkan.

“Peraturan KPU yang sudah diputuskan ada lima, yaitu tentang tahapan, pemutakhiran data pemilih, pencalonan, kampanye, dan dana kampanye,” katanya.

Dalam PKPU Nomor 1 Tahun 2017, Pasal 4 disebutkan tahapan pemilihan terdiri atas tahapan persiapan dan tahapan penyelenggaraan.

Ia menuturkan saat ini KPU terus menyelesaikan tahapan persiapan antara lain, penyusunan dan penandatanganan naskah perjanjian hibah daerah (NPHD), pengolahan daftar penduduk potensial pemilih pemilihan (DP4), dan pemutakhiran data dan daftar pemilih.

“Proses persiapan baik penyusunan anggaran dan persetujuan anggaran sudah berjalan sebelumnya,” katanya.

Pilkada serentak pada Juni 2018 di Jawa Tengah terdapat tujuh kabupaten/kota dan bersamaan dengan pemilihan gubernur Jateng. Guna menghemat anggaran pilkada, pihak provinsi dan kabupaten melakukan sharing anggaran.

Tujuh kabupaten/kota di Jateng yang melaksanakan pilkada serentak tahun depan, yakni Kabupaten Temanggung, Kabupaten Magelang, Kabupaten Tegal, Kota Tegal, Kabupaten Kudus, Kabupaten Banyumas, dan Kabupaten Karanganyar.(jwn4/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...