Jowonews

Logo Jowonews Brown

KPU Yogyakarta Evaluasi Pilkada Serentak 2015

BANTUL, Yogyakarta, Jowonews.com – Komisi Pemilihan Umum Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta akan mengevaluasi pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak 2015 di daerah ini telah dilaksanakan pada tiga kabupaten.

“KPU DIY sudah agendakan evaluasi seluruh tahapan pelaksanaan pemilihan kepala daerah 2015, dan kebetulan pada Senin (21/12) sudah ada rapat koordinasi di KPU DIY terkait pilkada ITU,” kata Komisioner KPU DIY, Nur Huri Mustofa, di Bantul, Selasa.

Menurut dia, tiga kabupaten di DIY, yaitu Bantul, Sleman, dan Gunung Kidul telah sukses menyelenggarakan pesta demokrasi lima tahunan untuk memilih bupati dan wakil bupati setempat. Pada Senin (21/12) masing-masing KPU telah menetapkan pasangan calon terpilih.

Komisioner KPU DIY dari Divisi Teknis Penyelenggaraan ini mengatakan, evaluasi terhadap pelaksanaan pilkada serentak itu dilakukan untuk mengetahui apakah regulasi atau ketentuan yang ditetapkan KPU efektif dan bisa menjadi ukuran untuk pelaksanaan berikutnya.

“Hasil dari evaluasi itu akan kami sampaikan ke KPU RI dan komisi terkait di DPR RI, agar dapat menjadi bahan pembahasan di pusat, termasuk kemungkinan bisa menjadi bahan revisi UU Pilkada,” katanya pula.

Ia mengatakan, penyelenggaraan Pilkada Serentak 2015 kali ini merupakan pilkada serentak pertama kali diselenggarakan di Indonesia, sehingga diharapkan pada pilkada serentak gelombang dua pelaksanaannya menjadi lebih baik.

“Pilkada Serentak 2015 gelombang pertama ini diikuti 269 daerah, termasuk tiga kabupaten di DIY, sedangkan pilkada serentak gelombang dua akan digelar pada 2017, dan di DIY akan dilaksanakan Kabupaten Kulonprogo dan Kota Yogyakarta,” katanya lagi.

Pelaksanaan pilkada di DIY, menurut dia, secara umum telah berjalan dengan aman, tertib, dan lancar, bahkan tidak ada pasangan calon yang mengajukan keberatan atau gugatan ke Mahkamah Konstitusi terhadap hasil pilkada itu.

“Tingkat partisipasi pemilih pilkada DIY berada pada zona tengah di tingkat nasional dengan rata-rata di atas 70 persen. Pilkada di Bantul tingkat partisipasi pemilihnya mencapai 75 persen, Sleman sekitar 72 persen, sedangkan di Gunung Kidul sekitar 70 persen,” kata dia pula.   (Jn16/ant)

BACA JUGA  Sempat Dilobi Anung, PKB Mantap Dukung Rudy

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...