Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kudus Siapkan Car Free Night

KUDUS, Jowonews.com – Hampir setiap daerah memiliki agenda car free day. Namun di Kudus kini mulai diwacanakan menggelar malam tanpa kendaraan (car free night) di Alun-alun Kudus. Ini untuk memberikan kesempatan masyarakat menikmati malam hari tanpa polusi asap knalpot di kawasan perkotaan.

“Rencananya, ‘car free night’ dilaksanakan setiap hari Sabtu malam, sedangkan uji cobanya masih menunggu hasil rapat dengan berbagai pihak,” kata Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kudus, Didik Sugiharto di Kudus, Senin (19/9).

Menurut dia, “car free night” hampir seperti “car free day”, namun untuk beberapa ruas jalan akan dijadikan tempat parkir. Di antaranya, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan A. Yani, Jalan Ramelan, dan Jalan Sunan Kudus.

Dalam memeriahkan “car free night”, katanya, akan dihadirkan pula sejumlah komunitas sepeda motor di Kudus serta beberapa atraksi menarik. Alasan menyelenggarakan “car free night”, kata dia, karena melihat antusiasme warga yang tinggi untuk mendatangi kawasan Alun-alun Kudus sebagai tempat diselenggarakannya “car free day” atau sehari tanpa asap knalpot. Sejumlah kalangan juga menganggap, keberadaan “car free day” juga turut mendorong tumbuhnya pelaku usaha kecil karena mendapat kesempatan berjualan di area “car free day” di kawasan Alun-alun Kudus.

Kabid Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Dishubkominfo Kabupaten Kudus Putut Sri Kuncoro menambahkan, dalam waktu dekat akan dilakukan rapat koordinasi dengan berbagai pihak, salah satunya Satlantas Polres Kudus. “Tentunya, diperlukan adanya rekayasa arus lalu lintas karena adanya penutupan akses jalan menuju Alun-alun Kudus,” ujarnya.

Selama ini, lanjut dia, pelaksanaan “car free day” memang tidak ada permasalahan soal pengalihan arus lalu lintas sementara, karena waktu penutupannya juga terbatas, yakni mulai pukul 05.00 WIB hingga pukul 08.00 WIB. Untuk jadwal uji coba “car free night”, kata dia, menunggu hasil rapat koordinasi dengan berbagai pihak, karena kegiatan tersebut juga disambung dengan “car free day”, sehingga dibutuhkan petugas yang memadai.

Petugas yang dilibatkan dalam pelaksanaan “car free day”, kata dia, mencapai belasan orang, sedangkan “car free night” tentunya tidak berbeda jauh. Pengalihan arus lalu lintas, kata dia, sejauh ini tidak ada permasalahan, karena dari arah Semarang yang hendak menuju Pati atau Jepara bisa melalui Jalan Lingkar Kudus, sedangkan yang terlanjur melalui kota bisa dialihkan menuju Jalan MH Basuno Kudus untuk tujuan Jepara dan menuju Jalan Agus Salim untuk tujuan Pati. “Rambu penunjuk jalan juga sudah tersedia, karena selama ini jalur-jalur tertentu yang sering digunakan untuk pengalihan arus lalu lintas memang dilengkapi rambu,” tambahnya. (jn19/ant)

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca juga berita lainnya...