Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Kunjungi Borobudur, Menteri Agama Budhha Thailand Kagum Keberagaman Indonesia

MAGELANG, Jowonews.com – Menteri Agama Buddha Thailand, Venerable Phrabrom Masith mengunjungi Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Jumat.

Kunjungan Menteri Agama Buddha Thailand tersebut diterima oleh Direktur Operasi PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko, Retno Hardiasiwi dan Kepala Balai Konservasi Borobudur, Marsis Sutopo.

Venerable Phrabrom Masith mengatakan sangat kagum dengan keberagaman di Indonesia.

Ia mengatakan mayoritas penduduk Indonesia beragama Islam, tetapi Candi Borobudur yang merupakan candi Buddha tetap terjaga kelestariannya.

Bante Mahavira yang mendampingi Venerable Phrabrom Masith dalam kunjungan tersebut mengatakan kunjungan ini membawa sutra-sutra lontar dari keping emas atau tembaga sebagai misi kedamaian.

“Hari ini berkunjung ke Borobudur dimana, 150 tahun yang lalu raja dari Thailand pernah datang ke Borobudur, yang menentukan Borobudur adalah peninggalan Buddha. Pada waktu itu sudah ada kesepakatan untuk mengembangkan Borobudur untuk dunia supaya orang dunia lebih mengenal Borobudur,” katanya.

Retno Hardiasiwi mengatakan 150 tahun yang lalu dari Kerajaan Thailand pernah hadir di Candi Borobudur, dengan pertemuan kali ini dapat merapatkan hubungan yang harmonis antara Indonesia dan Thailand, khususnya umat Buddha di Thailand dan negara-negara lain untuk berkunjung di Candi Borobudur.

“Melalui kerja sama yang harmonis antara Thailand dan Indonesia khususnya di dalam kebudayaan dan juga umat Buddha yang datang ke Borobudur ini kami harapkan semua bisa mengetahui keberadaan candi agung di Borobudur ini,” katanya.

Ia menuturkan kunjungan ini untuk menjalin silaturahmi antara Thailand dan Indonesia, khusunya PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko.

“Kalau melihat sejarahnya 150 tahun lalu raja dari Thailand pernah berkunjung ke sini, harapan kami ada biku berbagai sangha, umat Buddha yang ada di Thailand dan negara lain bisa membawa umatnya berkunjung ke Borobudur,” katanya.(jn16-ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...