Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Lembaga Sertifikasi Tenaga Ukir Segera Dibentuk

JEPARA, Jowonews.com – Kabupaten Jepara segera memiliki lembaga sertifikasi profesi tenaga ukir untuk meningkatkan kualitas tenaga ukir di daerah setempat. Mengingat ini merupakan kebutuhan mendesak guna meningkatkan daya saing di tengah pasar bebas ASEAN.

Kasi Perdagangan Luar Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Jepara, Edi Widodo mengatakan, setidaknya kualitas tenaga ukir di Kabupaten Jepara nantinya ada standarnya. Lembaga sertifikasi profesi tenaga ukir yang akan dibentuk merupakan lembaga non-pemerintah.

Dengan adanya standar kompetensi kerja dalam bentuk sertifikasi pengukir, diharapkan nilai tawar tenaga ukir juga semakin meningkat karena keahliannya sebagai pengukir sudah mendapatkan pengakuan resmi dari lembaga sertifikasi. “Ketika melamar kerja, tentunya tinggal menunjukkan sertifikat profesinya sehingga lebih memudahkan tenaga pengukir dalam mendapatkan pekerjaan,” ujarnya.

Pembentukan lembaga sertifikasi profesi pengukir, lanjutnya, akan melibatkan akademisi karena di Kabupaten Jepara terdapat SMK jurusan ukir serta perguruan tinggi jurusan ukir. Program tersebut mendapat dukungan pula dari pemerintah pusat untuk menjaga agar tenaga ukir berkualitas selalu tersedia di Kabupaten Jepara.

Proses regenerasi tenaga ukir akhir-akhir ini, kata dia, memang membuat banyak pihak, terutama pelaku usaha mebel dan ukir, mulai khawatir karena banyak generasi muda yang lebih tertarik bekerja di pabrik, menyusul berbagai pabrik besar mulai bermunculan di Jepara.

Adanya sertifikasi profesi tenaga ukir, kata dia, perlu didukung komitmen pengusaha mebel dan ukir untuk memberikan gaji yang lebih menarik kepada tenaga ukir yang sudah lolos sertifikasi. “Tanda dukungan pengusaha, tentunya ketersediaan tenaga ukir yang berkualitas akan semakin berkurang,” ujarnya. (JN19/Ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...