Jowonews

Logo Jowonews Brown

Liga U-16 Tonggak Pembinaan Sepakbola Usia Muda Indonesia

JAKARTA, Jowonews.com – Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menyatakan, penyelenggaraan Liga 1 Elite Pro Academy U-16 2018 yang digelar mulai hari ini, Sabtu (15/9), merupakan tonggak penting bagi pembinaan pemain usia muda.

“Bisa dikatakan kompetisi ini merupakan tonggak awal yang penting untuk pembinaan usia muda sepak bola Indonesia, karena sebelumnya kompetisi dari klub Liga 1 hanya ada di jenjang U-19. Pemain juga terasah sejak usia muda karena mereka dituntut kemampuan, teknik, kecerdasan, dan ‘fair play’,” ujar Direktur Teknik PSSI Danurwindo dikutip dari laman resmi PSSI di Jakarta, Minggu (16/9/2018).

Danurwindo mengatakan, keberadaan Liga 1 U-16 termasuk Liga 1 U-19 juga melengkapi turnamen usia muda yang sebelumnya juga sudah bergulir yakni Piala Soeratin untuk kelompok usia U-13, U-15, dan U-17.

Hal itu, menurut dia, bagus untuk perkembangan sepak bola nasional ke depan.

Sementara terkait kompetisi Liga 1 U-16, Danurwindo berharap liga yang pertama kali digelar di Indonesia itu dapat menghasilkan pemain yang berkemampuan mumpuni di jenjang yang lebih tinggi karena memang sudah disiapkan sejak usia muda.

“Sehingga kualitas kompetisi level utama akan lebih meningkat,” tutur dia.

Liga 1 Elite Pro Academy U-16 2018 dibuka pada hari ini, Sabtu (15/9) di Stadion Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian, Jakarta. Selain dihadiri petinggi PSSI Direktur Teknik Danurwindo dan Sekjen Ratu Tisha Destria, acara juga dihadiri perwakilan Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) yaitu Lavin Vignesh dan Elia de Santis.

Pembukaan Liga 1 U-16 2018 itu sendiri ditandai dengan laga Grup B yang mempertemukan tim Persija Jakarta U-16 dan Persela Lamongan U-16, di mana Persija berhasil memenangkan laga tersebut dengan skor 2-1.

Selain partai itu, ada lima laga lainnya di Grup A dan B yang dituntaskan di hari yang sama.

Berikut hasil pertandingan Liga 1 Elite Pro Academy U-16 2018 yang berlangsung Sabtu (15/9).

Grup A: Bhayangkara 2-1 PSIS PS TIRA 1-0 Persib Sriwijaya 0-1 PSMS Grup B Persija 2-1 Persela Barito 1-0 Madura United Bali United 1-0 Arema. (JWN3)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...