Jowonews

Logo Jowonews Brown

LIPI Sebut Ekonomi Kondusif Jika Pebisnis tak Intervensi Politik

JAKARTA, Jowonews.com – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menilai bahwa perekonomian nasional akan berjalan kondusif selama pebisnis tidak melakukan intervensi dalam dunia politik.

“Asal dunia bisnis tidak melakukan interveni ke dalam dunia politik untuk menguntungkan dirinya maka ekonomi akan aman, politisi juga akan aman,” ujar Pengamat Ekonomi Politik LIPI, Fachry Ali dalam seminar “Tantangan dan Strategi Perusahaan Go Public Menghadapi Disruption dan Tahun Politik” di Jakarta, Kamis.

Maka itu, lanjut dia, pentingnya Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk melakukan penawaran umum perdana saham (initial public offering/IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI) sehingga intervensi akan semakin berkurang.

“BUMN akan semakin transparan, semakin kecil peluang intervensi politiknya,” katanya.

Ia menambahkan bahwa BUMN memiliki peran penting dalam penyelenggaraan perekonomian nasional guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Hal itu dapat dilihat saat krisis 1997-1998, dimana ketika itu BUMN mengundang investor untuk melakukan investasi di dalam negeri.

Saat ini, lanjut dia, pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla (JK) cukup aktif mendorong program-program pembangunan infrastruktur, itu hanya dapat dilakukan BUMN yang terkonsolidasi.

“Program infrastruktur hanya mampu dilakukan BUMN, karena itu jangka panjang. Sedangkan swasta cenderung jangka pendek,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Fachry Ali mengharapkan agar pelaku bisnis bersikap hanya berurusan dengan bisnisnya dan merespon kebijakan pemerintah. Dengan begitu maka tahun politik tidak akan memberi dampak pada perekonomian, termasuk di dalamnya pasar saham.

“Harga saham pada umumnya memberikan respon terhadap kebijakan-kebijakan ekonomi yang pro-pasar. Pasar saham berjalan dengan harapan dan kalkulasi pebisnis. Sejalan dengan itu, mekanisme pasar pun terbentuk,” katanya.

Saat krisis 1997-1998, lanjut dia, para pelaku bisnis tidak menimbang siapa penguasa waktu itu, namun melihat kebijakan yang diambil pemerintah dalam menghadapi krisis. (JWN3/Ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...