Jowonews

Logo Jowonews Brown

Longsor Terjang Banjarnegara, 105 Rumah Tertimbun, 3 Orang Tewas

Longsor banjar (tweetbanjar)
Longsor banjar (tweetbanjar)

BANJARNEGARA, Jowonews.com – Longsor kembali terjadi di wilayah Kabupaten Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah pada Jumat (12/12) sekitar pukul 18.00 Wib. Longsor terjadi di Dusun Jemblung, Desa Sampang, Kecamatan Karangkobar, Kab. Banjarnegara setelah sebelumnya hujan deras.

Data sementara 3 orang telah ditemukan tewas, 3 orang luka berat di rawat di rumah sakit, dan 13 orang luka ringan. Sekitar 105 unit rumah diperkirakan tertimbun longsor.

“Ini adalah data sementara yang diterima Posko BNPB. Kondisi hujan deras, gelap dan masih adanya ancaman longsor susulan menyebabkan evakuasi sulit dilakukan. Selain itu komunikasi juga sulit dilakukan karena tidak ada sinyal,”,”ungkap Sutopo Purwo Nugroho Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, kepada Jowonews,Sabtu (13/12)..

Kepala BNPB, Syamsul Maarif, telah memerintahkan Tim Reaksi Cepat BNPB menuju lokasi kejadian dan berkoordinasi dengan BPBD. Saat ini personil BPBD Banjarnegara, BPBD Provinsi Jawa Tengah bersama TNI, Polri, relawan dan masyarakat sudah berada di lokasi melakukan evakuasi.

BPBD Kab. Banyumas, BPBD Kab. Wonosobo, dan BPBD Kab. Purbalingga telah diperintahkan untuk merapat ke lokasi bencana untuk memberikan bantuan.

Sebelumya, longsor yang terjadi di Kec Wanayasa, Kab. Banjarnenagara pada Kamis (11/12), menyebabkan jumlah pengungsi bertambah menjadi 379 jiwa. Pengungsi ini tersebar di di Dusun Puncil, Ds. Karangtengah, Kec. Wanayasa 139 jiwa; di Dusun Wadas, Ds. Pandansari, Kec. Wanayasa 72 jiwa; di Ds. Dawuhan, Kec. Wanayasa 70 jiwa; di Ds. Ngasinan, Kec. Pejawaran 46 jiwa; dan di Ds. Sijeruk Kec. Banjarmangu 52 jiwa. Satu orang tewas warga desa Sidengok, Kec. Pejawaran an. Suheri (65 thn), tertimpa longsoran.

Sementara itu di tempat lain yaitu di Wonosobo, akibat bencana tanah longsor pada hari Kamis (11/12), telah ditemukan korban meninggal dunia an. Taroni (60 tahun), disebabkan tertimbun longsor tebing di ladang. Korban ditemukan di tumpukan tanah yang terkena longsoran hari Jumat, pukul 10.00 WIB.(JN01)

BACA JUGA  Kebakaran Pasar Mandiraja Banjarnegara Berhasil Dipadamkan

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...