Jowonews

Logo Jowonews Brown

Lorenzo Menangi GP Prancis

LE MANS, Jowonews.com – Juara dunia MotoGP tiga kali yang membela Yamaha Jorge Lorenzo memenangi Grand Prix Prancis dari posisi start terdepan pada Minggu, (8/5) waktu setempat. Ini membuatnya merebut puncak klasemen keseluruhan dari sesama pebalap Spanyol Marc Marquez, setelah pebalap Honda itu terjatuh.

Pebalap legendaris Italia Valentino Rossi memastikan Yamaha finis di posisi satu-dua, tertinggal 10,654 detik, sedangkan pebalap Spanyol lainnya Maverick Vinales — yang disebut-sebut akan menggantikan Lorenzo pada musim depan — menduduki podium di kelas tertinggi untuk pertama kalinya bersama Suzuki.

Posisi ketiga itu, dalam balapan yang diwarnai sejumlah tubrukan, merupakan podium pertama Suzuki sejak Loris Capirossi asal Italia naik podium di Republik Ceko pada 2008.

Lorenzo, yang merayakan ulang tahunnya yang ke-29 pada awal pekan ini dan memimpin sepanjang balapan, kini mengoleksi 90 angka dari lima balapan di mana Marquez mengumpulkan total 85 angka setelah kembali membalap dan finis di urutan ke-13.

Rossi, yang memulai balapan dari baris ketiga setelah memenangi balap sebelumnya di Spanyol, menghuni peringkat ketiga di klasemen dengan 78 angka.

“Balapan ini begitu panjang,” kata Lorenzo, yang mendapat siulan dan cemoohan dari para penonton yang didominasi oleh penggemar Rossi, setelah mencatatkan waktu 43 menit 51,290 detik selama 28 putaran.

“Saya ingin mempertahankan kecepatan tinggi dan tidak kehilangan konsenstrasi. Itulah mengapa saya tidak menutup gas dan terus mendorong… Akhirnya ketika Dovizioso dan Marquez bertubrukan saya dapat bernafas sedikit lebih banyak.”

“Saya tahu bahwa saya dapat memenangi balapan namun jika Marquez finis di peringkat kedua, saya hanya memulihkan lima angka. Sekarang saya memulihkan lebih dari 20 (angka), maka ini merupakan balapan hebat bagi kejuaraan,” tambah Lorenzo, yang akan pindah ke Ducati pada tahun depan, perihal kemenangan keduanya di musim ini.

Marquez tergelincir bersama pebalap Ducati Andrea Dovizioso pada putaran ke-16, ketika mereka sedang menduduki urutan ketiga dan keempat, dan hal itu terjadi ketika mereka sedang melambat pada tikungan tujuh tanpa melakukan kontak.

Pebalap Spanyol itu bergabung kembali dalam balapan, kejatuhan sejumlah pebalap lainnya membuat ia dapat mencetak tiga angka sebagai pebalap terakhir yang mendapat angka.

Rossi bertarung dengan Marquez dan Dovizioso sebelum mengamankan urutan kedua.(jn16-ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...