Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Magelang akan Kenalkan SMS Gateway Asminduk

MAGELANG, Jowonews.com – Pemkot Magelang kian mempermudah masyarakat dalam mengurus administrasi kependudukan (asminduk). Melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, pemkot akan segera meluncurkan layanan pesan singkat kependudukan terkait kepentingan masyarakat mengurus administrasi kependudukannya.

“Akan segera kami luncurkan program ‘SMS gateway’ dengan harapan masyarakat makin menyadari pentingnya administrasi kependudukan dan berpartisipasi dalam membangun tertib administrasi kependudukan,” kata Kepala Dispendukcapil Pemkot Magelang R.M. Devananda di Magelang, Selasa (12/4).

Ia menyebut terobosan layanan tersebut terkait dengan dukungan instansinya atas penghargaan Smart City yang diraih Kota Magelang beberapa waktu lalu.

Selain itu, ujarnya, ini juga sebagai dukungan atas prestasi Kota Magelang sebagai 10 besar se-Indonesia dalam layanan pembuatan akta kelahiran bagi warganya.

Ia menjelaskan tentang manfaat layanan pesan singkat kependudukan tersebut kepada warga setempat. Kota Magelang meliputi tiga kecamatan dan 17 kelurahan dengan jumlah warga sekitar 121 ribu jiwa.

Pihak Dispendukcapil akan memberikan informasi kepada warga setempat yang mengurus administrasi kependudukan, antara lain kartu tanda penduduk, kartu keluarga, akta kelahiran, dan akta kematian, melalui fasilitas “SMS gateway”.

Pada kesempatan itu, ia juga menjelaskan tentang program instansinya yang sedang gencar menyosialisasikan pentingnya warga mengurus akta kematian bagi keluarga atau saudaranya.

“Hasilnya, terjadi peningkatan pembuatan akta kematian. Yang semula sekitar 25 orang per bulan, sekarang naik menjadi 40 orang per bulannya,” imbuhnya. (JN19/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Baca juga berita lainnya...