Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Mahasiswa Adukan Polemik SPI Kampus Kepada Dewan

SEMARANG, Jowonews.com – Sejumlah mahasiswa dari BEM KM Unnes datang ke Komisi E DPRD Jateng untuk mengadukan tentang penolakan terhadap diberlakukannya SPI di kampusnya, Selasa (23/5/2016). Menurut mereka kebijakan tersebut sangat memberatkan, belum lagi masalah Uang Kuliah Tunggal (UKT) sendiri tiap tahunnya masih banyak masalah yang belum terselesaikan.

“Teman-teman kami ada yang kesusahan membayar, ada sekitar 50 mahasiswa yang mengadu ke BEM KM Unnes bahwa mereka tidak mampu membayar UKT. Masalah UKT aja udah banyak kok ditambah lagi SPI,” jelas Vivi salah satu perwakilan BEM KM Unnes tersebut.

Beberapa kasus yang ditemukan, tambahnya, anak kurang mampu tapi biaya UKT tinggi karena permasalahan kurangnya panduan pengisian borang form dari universitas. Selain itu juga dikarenakan kasus orangtua bangktut dan meninggal dunia.

Menanggapi hal tersebut Sekretaris Komisi E DPRD Jateng Hasan Asy’ari meminta agar diadakan dialog yang baik antara pihak kampus dengan mahasiswa untuk mencari solusi yang bijaksana.

“Masalah ini adalah tantangan bagi kampus setempat, bagi lembaga kampus, dan lebaga kemahasiswaan kampus, bagaimana agar bisa memperjuangkan itu. Syukur-syukur bisa diperjuangkan tidak hanya diberi keringanan tapi diberi beasiswa juga,” ujar politikus Partai Kebangkitan Bangsa tersebut.

Hasan menjelaskan, Pemerintah Provinsi sebenarnya tidak mempunyai kewenangan untuk intervensi ke Perguruan Tinggi, karena itu merupakan kewenangan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pendidikan atau Dirjen Perguruan Tinggi.

“Karena berdasarkan UU no.23 tahun 2014 pemprov itu kewenangannya untuk mengelola pendidikan menengahnya yaitu SMA dan SMK. Sedangkan Pemkab kewenangannya mengelola SMP, SD, TK/PAUD,” jelasnya. (jn18/jn03)

BACA JUGA  Gubernur Siapkan 15 Daerah untuk Jadi Lokasi KKN

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...