Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Mahasiswa Unnes Protes Penutupan PGSD Tegal

SEMARANG, Jowonews.com – Ratusan mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang Unit Pelaksana Program Tegal memprotes penutupan prodi itu pada tahun 2017.

“Kami mahasiswa PGSD yang tinggal di Tegal kecewa sehingga datang ke sini untuk meminta keadilan. Kenapa PGSD di Tegal mau ditutup,” kata Koordinator Aksi Arif Nur Muhammad, di Semarang, Jumat (7/4).

Dalam aksinya, mereka membentangkan berbagai spanduk yang berisi kecaman atas penutupan UPP PGSD Unnes di Tegal karena sangat merugikan mahasiswa yang saat ini sedang menuntut ilmu di tempat tersebut.

Mulai tahun ini, kata dia, Unnes mau menutup UPP PGSD yang ada di Tegal sehingga membuat suasana kampus sekarang menjadi sepi dan dikhawatirkan kualitas lulusan akan dipertanyakan oleh pihak luar.

“Di sini, kami ada empat angkatan dari 2013-2016. Ya, memang kami tetap diperhatikan sampai lulus. Namun, apakah kualitas lulusan nanti tidak dipertanyakan,” kata salah satu mahasiswa UPP PGSD Unnes di Tegal itu.

Rektor Unnes Fathur Rokhman yang menemui peserta aksi menjelaskan Unnes tidak menutup prodi PGSD melainkan hanya mengurangi kuota penerimaan yang akan dipusatkan di kampus PGSD Unnes di Ngaliyan, Semarang.

Untuk UPP PGSD Unnes di Tegal, kata dia, mulai tahun ini memang tidak menerima mahasiswa baru karena fasilitas yang ada di kampus tersebut tidak memadai sehingga prodi PGSD akan dipusatkan di Semarang.

“Tentunya, agar menghasilkan guru dengan profil ideal sebagaimana diamanatkan undang-undang. Sebagai lembaga pendidikan tenaga kependidikan, Unnes harus memiliki fasilitas pendidikan yang baik dan terstandar,” katanya.

Sementara kondisi kampus UPP PGSD Unnes di Tegal, diakuinya, kurang memenuhi standar, seperti luasan lahan yang terbatas sehingga pengembangan berbagai fasilitas yang terstandar sulit untuk dilakukan.(jwn5/ant)

BACA JUGA  Sebanyak 39.603 Peserta Siap Ikuti UTBK Undip Semarang

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...