Jowonews

Logo Jowonews Brown

Malam ini Ada Fenomena Unik Gerhana Bulan Penumbra

JAKARTA, Jowonews.com – Satu lagi fenomena alam akan terjadi di akhir bulan Maret 2016 ini. Adalah gerhana bulan penumbra yang diprediksi akan terjadi pada Rabu (23/3/2016) malam oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Fenomena alam itu juga disebut-sebut cukup langka, namun tidak sepopuler peristiwa gerhana matahari total yang beberapa waktu lalu terjadi.

Peristiwa alam gerhana bulan penumbra terjadi saat bulan terbit di ufuk timur dan terjadi mulai pukul 16.36 WIB, kemudian mencapai puncaknya pukul 18.47 WIB, dan berakhir pukul 20.57 WIB.

Adapun, gerhana bulan Penumbra merupakan peristiwa langka terjadi ketika terhalanginya cahaya Matahari oleh Bumi sehingga tidak semuanya sampai ke Bulan. Peristiwa ini merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan posisi Matahari, Bumi, dan Bulan yang hanya terjadi pada saat fase purnama dan dapat diprediksi sebelumnya.

Apa sebenarnya yang disebut dengan gerhana bulan penumbra? Itu adalah kondisi saat posisi Matahari, Bumi dan Bulan sejajar, sedang cahaya Matahari terhalang oleh Bumi, sehingga tidak sampai pada Bulan. Hasilnya saat itu yang seharusnya bulan dalam kondisi purnama dan tampak terang, sinarnya menjadi redup.

Dilansir Gulalives.com dari laman BMKG, Rabu (23/3/2016), peristiwa alam itu dapat disaksikan dengan mata telanjang dan tak memberi dampak apapun kepada kesehatan. Dengan syarat, tidak ada awan mendung yang menutupi sehingga prosesnya bisa dilihat secara jelas. Untuk tahun 2016 ini, tercatat akan ada 5 jenis peristiwa gerhana yang terjadi di tanah air. Pertama gerhana matahari total 9 Maret lalu, kemudian gerhana bulan penumbra 23 Maret nanti, dan juga gerhana bulan 18 Agustus.

Bulan September, tepatnya pada tanggal 1, juga akan terjadi fenomena gerhana matahari cincin, serta gerhana bulan penumbra kedua yang akan terjadp pada 16 September 2016. Peristiwa gerhana bulan penumbra dapat dilihat di seluruh tanah air mulai pukul 16.36 WIB sampai berakhir sekitar pukul 20.57 WIB dan dapat diawasi terbit di ufuk timur Indonesia.

Sebagai informasi, pada tahun 2016 ini diprediksi terjadi lima kali gerhana, yaitu Gerhana Matahari Total (GMT) yang sudah terjadi pada 9 Maret 2016 lalu, Gerhana Bulan Penumbra (GBP) 23 Maret 2016 serta tanggal 18 Agustus 2016, yang dapat diamati dari Indonesia bagian timur.

Kemudian gerhana Matahari Cincin (GMC) 1 September 2016 yang dapat diamati dari Jawa bagian barat dan Sumatera bagian selatan berupa Gerhana Matahari Sebagian (GMS). Serta Gerhana Bulan Penumbra (GBP) 16-17 September 2016 yang dapat diamati di seluruh Indonesia.

Karena durasinya cukup lama, fenomena ini bisa disaksikan dengan  durasinya cukup panjang dan lama sehingga dapat disaksikan bersama-sama saat malam hari bersama keluarga tercinta. (jn03)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...