Jowonews

Logo Jowonews Brown

Manajemen PT KAI Daop V Cuci Massal Kereta

PURWOKERTO, Jowonews.com – Manajemen PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 5 Purwokerto, Jawa Tengah, menggelar aksi cuci kereta atau gerbong penumpang secara massal sebagai bentuk kepedulian dan memberikan rasa nyaman kepada masyarakat pengguna jasa kereta api.

Aksi cuci kereta yang dipimpin Vice President PT KAI Daop 5 Purwokerto Dwi Erni Ratnawati di Depo Sarana, kompleks Stasiun Purwokerto, Jumat (22/9) pagi, juga melibatkan komunitas pecinta kereta api yang tergabung dalam “Spoor Limo”.

Dalam aksi cuci kereta secara massal itu, seluruh peserta mencuci salah satu rangkaian KA milik PT KAI Daop 5 Purwokerto, yakni KA Serayu relasi Purwokerto-Kroya-Kiaracondong-Pasarsenen.

Pencucian itu tidak hanya dilakukan terhadap seluruh bagian di luar kereta, tetapi juga dalam gerbong.

Selain mencuci kereta, dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan aksi bersih-bersih Stasiun Purwokerto dengan cara memungut sampah yang berserakan di sekitar tempat itu.

Saat ditemui wartawan di sela kegiatan, VP PT KAI Daop 5 Purwokerto Dwi Erni Ratnawati mengatakan aksi cuci kereta itu digelar dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Ke-72 PT KAI (Persero) yang jatuh pada tanggal 28 September 2017.

“Kereta api memang harus dibersihkan dan selama ini dilakukan oleh petugas ‘cleaning service’. Hari ini, kami ingin menunjukan kepedulian dan rasa memiliki kereta api dengan cara membersihkan atau mencuci kereta karena ini juga bagian dari pelayanan kami agar penumpang nyaman,” katanya.

Menurut dia, aksi cuci kereta itu melibatkan seluruh manajemen PT KAI Daop 5 Purwokerto yang berjumlah sekitar 100 orang serta dibantu komunitas “Spoor Limo”.

Lebih lanjut, dia mengatakan peringatan HUT Ke-72 PT KAI (Persero) di Daop 5 Purwokerto juga akan diisi beberapa kegiatan, antara lain peluncuran kereta baru berupa KA Wijayakusuma relasi Cilacap-Yogyakarta-Solo.

“Peluncuran KA Wijayakusuma akan dilaksanakan di Stasiun Cilacap pada hari Selasa (26/9),” katanya.

Dalam kesempatan terpisah, Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto Ixfan Hendriwintoko mengatakan memasuki usianya yang ke-72 tahun, PT KAI akan terus berusaha meningkatkan pelayanan demi keamanan dan kenyamanan masyarakat pengguna jasa kereta api.

“Salah satunya melalui peluncuran KA Wijayakusuma relasi Cilacap-Yogyakarta-Solo pada tanggal 26 September 2017,” katanya.

Ia mengharapkan kehadiran KA Wijayakusuma dapat menjadi salah satu moda transportasi massal pilihan masyarakat Cilacap yang hendak ke Yogyakarta atau Solo dan sebaliknya yang selama ini hanya dilayani angkutan umum jalan raya.(jwn4/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...