Jowonews

Logo Jowonews Brown

Ma’ruf Amin Optimis Umat Islam Dukung Jokowi-Ma’ruf

JAKARTA, Jowonews.com –– Bakal calon wakil presiden (cawapres) KH Ma’ruf Amin optimistis mendapat dukungan dari umat Islam mayoritas dan para santri lantaran sekitar 400 kiai besar dan berpengaruh telah menyatakan dukungannya kepada pasangan Jokowi-Ma’ruf.

“Ada sekitar 400 kiai besar-besar dan berpengaruh. Mereka sudah kumpul di Jakarta dan menyatakan dukungan kepada Pak Jokowi dan saya,” kata KH Ma’ruf Amin di Gedung High End, Jalan Kebon Sirih, Jakarta, Senin.

Sebelumnya, ada sekitar 400 kiai dan ulama yang berkumpul di Pondok Pesantren Asshiddiqiyah, Jakarta, Sabtu (15/9). Para kiai dan ulama menyatakan dukungan kepada pasangan Joko Widodo dan Ma’ruf Amin.

KH Ma’ruf Amin mengatakan hal itu menjawab pertanyaan wartawan soal Ijtima II Ulama Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) yang menyatakan dukungannya kepada pasangan Prabowo-Sandiaga.

Menurut Ma’ruf Amin, dirinya tidak tahu soal dukungan ulama GNPF kepada pasangan Prabowo-Sandiaga. Namun, salah satu kiai besar dari GNPF telah menyatakan dukungannya kepada pasangan Jokowi-Ma’ruf.

Rais ‘Aam Syuriah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) ini menegaskan, para kiai besar yang menyatakan dukungan kepada pasangan Jokowi-Ma’ruf umumnya adalah pemimpin pondok pesantren di berbagai daerah di Indonesia.

Dengan dukungan para kiai tersebut, Ma’ruf optimistis para santri akan mengikuti pimpinan pondok pesantrennya. “Para kiai sudah memberikan dukungannya ke Pak Jokowi dan saya. Santri-santrinya biasanya mengikuti kiainya,” kata Ma’ruf.

Ditanya soal kampanye, Ma’ruf menyatakan pada waktu kampanye dirinya akan melakukan kunjungan ke berbagai daerah, termasuk ke pondok-pondok pesantren. Pada rapat Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf, Senin hari ini, menurut Ma’ruf, dirinya akan menjelaskan paparan dari TKN soal jadwal kampanye yang akan dihadirinya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan jadwal kampanye pasangan capres-cawapres mulai 23 September 2018. Sebelumnya, KPU melalui rapat pleno pada Jumat (21/9) mengumumkan pasangan capres-cawapres secara resmi, kemudian KPU juga akan melakukan undian pasangan capres-cawapres pada Sabtu (22/9).(jwn5/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...