Jowonews

Logo Jowonews Brown

Masyarakat Diminta Beri Masukan Terkait Permenhub 108 Tahun 2017

SEMARANG, Jowonews.com – Berbagai kalangan masyarakat diminta memberikan masukan terkait pelaksanaan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 108 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek.

“Permenhub 108/2017 merupakan produk perundangan yang masih pada tahap uji coba dan merupakan respons terhadap dinamika di lapangan, bahkan dalam pengantarnya dijelaskan bahwa memang permenhub ini belum ideal untuk dijadikan bagian dari undang-undang,” kata Wakil Ketua Komisi D DPRD Provinsi Jawa Tengah Hadi Santoso di Semarang, Kamis.

Menurut dia, sembilan poin yang terdapat pada Permenhub 108/2017 itu secara substansi baru sebatas normatif sehingga perlu adanya masukan, kritikan, dan saran untuk mencari formulasi yang terbaik bagi semua pihak.

Ia mengungkapkan bahwa salah satu permasalahan terkait dengan transportasi daring saat ini adalah adanya komunitas yang tidak mudah identifikasinya.

“Salah satu problem dalam permasalahan transportasi daring adalah identifikasinya. Kita tidak tahu jumlah pastinya berapa, siapa yang punya kendaraannya, bengkelnya di mana,” ujar politikus Partai Keadilan Sejahtera itu.

Hal tersebut disampaikan Hadi usai menemui perwakilan dari ratusan pengemudi transportasi daring yang berunjuk rasa di halaman Gedung DPRD Provinsi Jateng untuk menolak penerapan Permenhub 108/2017.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada teman-teman pengemudi transportasi daring yang memiliki itikad baik untuk berkomunikasi dengan pemerintah dan ini suatu langkah untuk mencapai satu titik, di mana terbentuknya peraturan yang seimbang dan bermanfaat untuk semua pihak,” katanya.

Hadi juga berharap semua pihak terkait bisa menjaga dan terus memperbaiki kualitas transpotasi di Jateng, baik transportasi konvensional maupun daring. (JWN3/Ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Baca juga berita lainnya...