Jowonews

Logo Jowonews Brown

Masyarakat Diminta Tunggu Hitungan Resmi KPU

SEMARANG, Jowonews.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah mengimbau masyarakat untuk menunggu hasil penghitungan resmi terkait dengan pelaksanaan pemilihan kepala daerah secara serentak pada 15 Februari 2017 di tujuh kabupaten/kota.

“Kami tidak mempermasalahkan adanya hitung cepat yang dilakukan sejumlah pihak dan hasilnya itu bisa dijadikan pedoman sementara, tapi hasil resminya (perolehan suara pasangan calon pilkada) tetap menunggu tahapan dan proses rekapitulasi secara manual yang kami lakukan di masing-masing tingkatan,” kata Ketua KPU Jawa Tengah Joko Purnomo.

Ia menegaskan bahwa proses rekapitulasi perolehan suara pasangan calon pilkada dilakukan secara terbuka dan disahkan oleh masing-masing tingkatan.

Menurutnya, rekapitulasi perolehan suara akan dilakukan KPU mulai Jumat (17/2) dan hasilnya akan dikirimkan ke kabupaten/kota pada Rabu (23/2).

Joko menyebutkan bahwa pemungutan suara pilkada tujuh kabupaten/kota di Jateng pada hari ini secara umum berjalan dengan lancar.

“Penghitungan suara sudah dilakukan di masing-masing TPS dan saat ini proses pengiriman dokumen-dokumen proses pemungutan serta penghitungan suara ke PPS dan PPK untuk pengamanan,” ujarnya.

Kendati demikian, kata dia, pengiriman dokumen-dokumen pemungutan dan penghitungan suara di sejumlah daerah itu menghadapi kendala cuaca.

“Pengiriman di Kabupaten Brebes terkendala hujan deras, sedangkan di Pati harus melewati genangan banjir. Jadi kami harus hati-hati guna menghindari kerusakan,” katanya.

Tujuh daerah di Jawa Tengah yang menggelar pilkada serentak pada 15 Februari 2017 itu adalah Kota Salatiga, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Batang, Kabupaten Jepara, Kabupaten Pati, Kabupaten Cilacap, dan Kabupaten Brebes. (Jn19/ant)

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca juga berita lainnya...