Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

MEA Perkuat Pengiriman Logistik

SEMARANG, Jowonews.com – Terminal Peti Kemas Semarang (TPKS), Jawa Tengah menyatakan masyarakat ekonomi ASEAN (MEA) akan memperkuat pengiriman logistik salah satunya melalui laut.

“Yang pasti kami optimistis bahwa MEA akan memperkuat lagi logistik kita, pengiriman ekspor impor baik dari negara ASEAN ke Jateng maupun sebaliknya,” kata General Manajer TPKS Erry Akbar Panggabean di Semarang, Kamis.

Menurut dia, para pengusaha salah satunya investor yang ada di Jateng dipastikan akan memanfaatkan MEA ini sebagai salah satu kesempatan bisnis yang luar biasa.

“Tentunya dari sisi produk baik yang strategis maupun UMKM akan dipasarkan secara masif di negara ASEAN, yang banyak diuntungkan juga kami dari sisi pemberi jasa,” katanya.

Apalagi, Jawa Tengah juga merupakan salah satu pasar terbesar untuk kawasan ASEAN sehingga pasti akan dibidik oleh para pedagang dari luar negeri.

“Meski demikian kita harus memanfaatkannya sebagai sarana untuk meningkatkan ekonomi, kesejahteraan, dan akselerasi pembangunan di Jateng,” katanya.

Sementara itu terkait dengan volume pengiriman baik yang masuk maupun keluar melalui TPKS khusus untuk kawasan ASEAN, sejauh ini pihaknya belum dapat memastikan angkanya secara pasti.

“Kalau prediksi saya ada perbedaan dari tahun-tahun sebelumnya karena MEA baru berlaku di awal tahun ini. Tunggu sampai bulan Februari bagaimana perkembangannya,” katanya.

Meski demikian, dipastikan pasar ASEAN belum dapat menggeser pasar Amerika Serikat dan Eropa yang selama ini masih mendominasi ekspor maupun impor yang melibatkan Jawa Tengah. (JN03/Ant)

BACA JUGA  Akademisi Australia: Indonesia Butuh Sertifikasi Akuntan Hadapi MEA

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...