Jowonews

Logo Jowonews Brown

MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA UNTUK MINGKATKAN MINAT BELAJAR

Oleh: Ima Rokhmawati

Pendidikan di Indonesia tidak terlepas dari pembelajaran di sekolah baik sekolah dasar, menengah, dan atas. Hal ini dapat disimpulkan bahwa berhasil tidaknya pencapaian tujuan pendidikan banyak bergantung pada bagaimana proses belajar yang dialami oleh siswa sebagai anak didik. Di dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 ayat 1, disebutkan bahwa pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar siswa secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

Berdasarkan permasalahan tersebut maka diperlukan adanya perbaikan yaitu dengan menggunakan model pembelajaran dan media yang dapat mendukung pembelajaran dan media yang dapat mendukung pembelajaran agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Media pembelajaran dapat diartikan sebagai sebuah alat yang dapat berfungsi dan digunakan untuk menyampaikan pesan pembelajaran. Media pembelajaran merupakan segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dan merangsang terjadinya proses belajar siswa. Media belajar merupakan sumber belajar yang dapat berupa pesan, orang, bahan, alat, teknik dan lingkungan. Media belajar merupakan kombinasi antara alat (hardware) dan bahan (software).

Penggunaan media pembelajaran harus disesuaikan dengan materi yang tepat, sehingga dapat menciptakan suasana belajar kondusif dan dapat mengoptimalkan kemampuan dan kecerdasan anak. Permainan ular tangga merupakan permainan yang berupa gambar yang ada di papan permaianan ular tangga, yaitu seperti gambar ular, tangga, maupun gambar lain sesuai dengan tema yang digunakan dalam permaianan ular tangga. Media ular tangga ini sangat fleksibel karena dapat dimainkan untuk semua muatan pelajaran dan semua jenjang kelas, karena didalamnya hanya berisi berbagai pertanyaan yang harus dijawab oleh siswa.

Permainan ular tangga adalah permainan yang dimainkan oleh 2 orang atau lebih dengan menggunakan dadu dan terdapat kotak-kotak serta gambar tangga dan ular. Pada permainan ini peserta didik diajak untuk melakukan dan menemukan sendiri hasil belajar yang akan dicapai sehingga peserta didik secara aktif melakukan pembelajaran ini. permainan ular tangga dapat dijadikan pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik, mereka akan cenderung tertarik mengikuti proses pembelajaran. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran ular tangga dapat memberikan pengaruh terhadap hasil belajar dan keaktifan peserta didik. 

Langkah-langkah permainan media ular tangga: 1) Media ini dimainkan 4-5 siswa 2) Permainan dimulai dari start 3) Setiap siswa wajib melempar dadu sebelum melakukan langkah permainan 4) Setiap siswa melangkah sesuai dengan angka yang didapatkan pada dadu yang dilempar 5) Setiap siswa yang mendapatkan langkah sesuai mata dadu, siswa kotak (kolom) yang dilewati, sehingga siswa memperoleh informasi mengenai konten materi pembelajaran dan tujuan pembelajaran tercapai. Keunggulan dari media ular tangga ini adalah tampilan/desain nya yang menarik. Tulisan dan petunjuk pemakaian disajikan secara jelas, pemilihan jenis huruf pada papan permainan dan kartu soal yang bervariasi, serta pemilihan warna-warna cerah sehingga memancing minat siswa untuk memainkannya. Selain itu juga peserta didik dapat belajar sambil bermain secara berkelompok.

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...