Jowonews

Logo Jowonews Brown

Mengembangkan Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Metode Permainan Berbasis Teknologi Abad 21

Oleh : Nandia Nurul Lita

Saat ini  teknologi berkembang sangat pesat dalam kehidupan sehari-hari. Anak-anak perlu untuk mengenal dan mempelajari mengenai teknologi  yang berkembang di abad 21 ini. Peserta didik amat perlu dikenalkan dengan teknologi agar nantinya dapat mengembangkan kemampuan dan kompetensi nya yang dimilikinya. Seringkali dampak negatif dirasakan oleh peserta didik. Peserta didik perlu dikenalkan lebih dekat dengan cara memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran. Dalam hal ini peserta didik dapat dikenalkan dengan teknologi melalui pembelajaran di sekolah. 

Keberhasilan proses pembelajaran sangat ditentukan oleh seorang guru. Guru perlu menyampaikan materi pembelajaran kepada peserta didik melalui interaksi komunikasi dengan menggunakan media dan metode yang menyenangkan. Keberhasilan guru dalam menyampaikan materi dan media sangat bergantung pada metode pembelajaran yang digunakan dalam melaksanakan proses pembelajaran. 

Ilmu pengetahuan berkembang sangat pesat. kemajuan teknologi informasi berdampak besar terhadap segala bidang termasuk pendidikan. Pendidikan formal di Indonesia sedang giat-giatnya digalakkan, sayangnya implementasi teknologi informasi ini masih tersendat disebabkan oleh berbagai hal atau kendala teknis yang ada. Hal ini ditemui pada fenomena yang menunjukkan adanya kesenjangan persepsi dan kemampuan sumber daya guru dalam memanfaatkan fasilitas pembelajaran berbasis teknologi. 

Proses pembelajaran yang diharapkan mampu menciptakan suasana belajar yang aktif sehingga peningkatan minat belajar peserta didik akan meningkat. Guru dapat memanfaatkan perkembangan teknologi informasi masa kini dengan menyajikan proses pembelajaran yang aktif dan menyenangkan bagi peserta didik. Guru perlu untuk mendorong motivasi belajar peserta didik agar dapat mengikuti proses pembelajaran dengan aktif dan bergairah dalam belajar. Apabila guru telah berhasil dalam mengaktifkan dan menggairahkan peserta didik dalam belajar, maka guru telah berhasil memotivasi peserta didik. Hal ini dapat mempengaruhi peningkatan minat belajar peserta didik yang akan menghasilkan peningkatan dalam hasil belajar peserta didik. Melalui penggunaan media dalam proses pembelajaran khususnya berbasis teknologi. Maka hal ini mampu mendorong peserta didik untuk dapat berperan aktif dalam proses pembelajaran. 

BACA JUGA  Kurikulum Merdeka Efektif ataukah Tidak

Prinsip dari proses pembelajaran berbasis teknologi ini merupakan intisari dari teknologi pendidikan saat ini. Belajar dengan memanfaatkan teknologi merupakan pembelajaran yang dapat menarik peserta didik dan lekat dalam kehidupan sehari-harinya. Peserta didik mampu menjadikan dirinya menjadi seseorang yang mampu menyelesaikan permasalahannya dengan memanfaatkan teknologi serta menjadikan teknologi sebagai kebutuhan dalam hidupnya.

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...