Jowonews

Logo Jowonews Brown

Mensesneg: Pelajari Penanganan Gambut Finlandia

JAKARTA, Jowonews.com – Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengatakan Indonesia bisa belajar dari Finlandia dalam penanganan lahan gambut karena negara itu sepertiganya terdiri dari lahan gambut.

“Finlandia itu juga punya banyak lahan gambut, kita ingin menangani lahan gambut yang unik ini dengan baik,” kata Pratikno di Jakarta, Selasa.

Ia menyebutkan negara dengan lahan gambut tidak hanya Indonesia saja tetapi banyak lainnya seperti Finlandia dan Kanada.

“Banyak negara yang berhasil mengelola lahan gambut. Kita harus perbaiki itu bagaimana tata kelola lahan gambut ke depan,” katanya.

Ketika ditanya apakah pertemuan Presiden Jokowi dengan Presiden Finlandia beserta Ny Jenny Haukio, Selasa sore, akan membahas pengelolaan lahan gambut, Pratikno mengatakan tidak ada agenda membahas itu.

“Itu pertemuan bilateral. Saya hanya ingin mengatakan bahwa gambut bukan masalah kita saja, banyak negara lain yang punya dan mereka berhasil menanganinya. Kita juga harus berhasil,” katanya.

Sementara itu mengenai dugaan adanya rekayasa dalam pertemuan Presiden Jokowi dengan suku Anak Dalam di Jambi, Pratikno mengatakan Kemensos yang lebih tahu mengenai pertemuan itu.

“Suku anak dalam itu kan kelompoknya berbeda-beda atau bervariasi, memang ada yang tinggal di rumah, ada yang dalam proses mencoba tetapi ada juga yang terus nomaden jadi variasinya sangat berbeda,” katanya.

Menurut Mensesneg, yang jelas Presiden Jokowi ingin mendengar aspirasi dari masyarakat adat dan suku-suku terpencil di Indonesia.   (Jn16/ant)

BACA JUGA  Rusuh Jelang Inggris - Rusia, Supporter Saling Lempar Botol dan Kursi !

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...