Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Minyak Tumpah di Laut Selatan, Nelayan Cilacap Tak Melaut

wpid-nelayan-morodemak-mengeluh-pelabuhan-nggak-bisa-tampung-kapal-besar.jpgCilacap, Jowonews.com – Tak kuran dari 100 nelayan di Cilacap tidak melaut akibat adanya tumpahan minyak mentah (crude oil) dari fasilitas “Single Point Mooring” (SPM) Pertamina Refinery Unit IV Cilacap yang mengotori Pantai Teluk Penyu.

Dari pantauan di Pantai Teluk Penyu, Cilacap, Senin, ratusan nelayan tampak mengumpulkan minyak mentah yang mengapung di air dan memasukkannya ke dalam drum-drum yang mereka bawa. “Kami dalam beberapa hari terakhir tidak melaut akibat ada tumpahan minyak mentah ini. Padahal, sekarang sudah mulai banyak ikan yang bermunculan karena telah memasuki musim angin timuran,” kata salah seorang nelayan, Warsito.

Oleh karena itu, dia mengharapkan Pertamina memberi ganti rugi kepada nelayan karena selain mengotori Pantai Teluk Penyu, rembesan minyak mentah tersebut berdampak buruk terhadap ikan.

Legal and General Affair Manager Pertamina RU IV Cilacap Eko Hernanto mengatakan bahwa pihaknya akan membicarakan masalah ganti rugi tersebut dengan Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Cilacap. “Yang terpenting saat ini adalah upaya membersihkan pantai dari minyak,” katanya.

Diketahui, fasilitas SPM Pertamina RU IV Cilacap yang berlokasi sekitar 16 mil laut sebelah selatan Cilacap atau sekitar perairan selatan Pulau Nusakambangan mengalami kerusakan pada sambungan pipa karet (rubber hose) yang digunakan untuk menyalurkan minyak mentah dari kapal tanker menuju kilang.

Kerusakan tersebut terjadi pada 20 Mei 2015, pukul 22.54 WIB, dan pada saat yang sama sedang dilakukan aktivitas bongkar muat minyak mentah dari sebuah kapal tangker. Akibatnya, minyak mentah yang disalurkan melalui pipa karet bawah laut itu merembes keluar dari sambungan sehingga tercecer di perairan selatan Nusakambangan. (JN03)

BACA JUGA  Polres Cilacap Gelar Gladi Pengamanan Sidang Ba'asyir

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...