Jowonews

Logo Jowonews Brown

Mundijirin Biarkan Jalan Rusak 

mundjirinUNGARAN, Jowonews.com – Sejumlah jalan penghubung wilayah antar desa di Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang kondisinya rusak parah. Sudah bertahun-tahun kondisi jalan rusak ini tidak disentuh oleh Pemerintah Kabupaten Semarang, sehingga warga kesulitan untuk mengakses ke ibukota kecamatan.

Seperti diungkapkan oleh Zaenal Mustaim (35) warga Desa Sumberejo, Kecamatan Bringin. Saat ditemui menyatakan kerusakan jalan ini sudah bertahun-tahun. Kerusakan terparah di jalan penghubung Desa Sumberejo ke Desa Kalijambe, dan Sumberejo ke Kota Kecamatan Bringin. 

“Kerusakan jalan parah ini sudah bertahun-tahun. Tidak sedikit warga jatuh dari motornya karena jalan rusak parah,” ujar Zaenal di Bringin, Minggu (12/9). Berdaasarkan pantauan, jalan ini sudah rusak parah. Aspal yang semestinya menghitam dipermukaan jalan sudah tidak tampak, hanya batu bercampur tahan saja yang tampak. Selain itu jalan juga bergelombang.

Kerusakan jalan ini sekitar 15 kilometer yang terdiri di Desa Sumbirejo, Balangan, Sugihwaras, Kalijambe dan Krandon. Warga telah melaporkan kondisi jalan ini ke pemerintah Kabupaten Semarang, tapi hingga kini jalan belum diperbaiki. Warga mendesak jalan antar desa ini segera diperbaiki.

Nanik Yunita (27) menyatakan kondisi jalan ini sangat berbahaya saat musim hujan. Jalan menjadi berlicin saat air dan tanah bercampur. Selain itu hingga kini jalan juga tidak ada penerangan jalan raya, sehingga membahayakan pengendara sepeda motor.  “Kalau jalan rusak seperti ini jelas kami kesulitan mau jual panen,” ujar Nanik. 

Mantan Sekda Kabupaten Semarang, Anwar Hudaya mengakui daerah pinggiran Kabupaten Semarang memang dianak-tirikan pembangunan. Terutama daerah Brimgin, Pringapus, Ungaran Timur, Tuntang, Bancak, Susukan, dan Kaliwungu.

“Kondisi ini kesannya hanya wilayah perkotaan saja yang diperhatikan. Padahal pembangunan harus merata.  Lihat saja trotoar di jalan Kecamatan Suruh sudah 30 tahun tidak diperbaiki. Termasuk Pasar Suruh yang tidak ada perbaikan. Semestinya pemerintah dan dewan melakukan budgetting untuk memikirkan hal ini,” tandasnya. (JN01)

BACA JUGA  Kim Woo Bin Jalani Tiga Kali Radiasi

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca juga berita lainnya...