Jowonews

Logo Jowonews Brown

Napoli Gagal Tempel Juve

ITALIA, Jowonews.com – Napoli masih belum bisa mengejar sang pemuncak klasemen Seri A, Juventus menyusul hasil imbang 1-1 melawan Fiorentina, Selasa (1/3) dini hari WIB. Torehan satu angka di laga ini membuat Il Partenopei kini harus tertinggal tiga angka dari Juventus di puncak klasemen, sedangkan La Viola tertahan di urutan keempat.

Datang sebagai tim tamu, Gonzalo Higuain dan kawan-kawan langsung menyerang. Namun Fiorentina juga berani menampilkan permainan terbuka. Dan justru enam menit laga berjalan Fiorentina membuka keunggulan lewat tandukan Marcos Alonso yang meneruskan sepak pojok Borja Valero. Hanya saja semenit berselang, Alonso justru melakukan blunder fatal saat salah mengantisipasi bola lambung, halauan tak sempurnanya dimaksimalkan Gonzalo Higuain untuk menyamakan skor.

Selepas momen tersebut, laga semakin berjalan menarik dengan kedua tim saling melancarkan tekanan. Higuain yang ditopang pergerakan lincah Lorenzo Insigne beberapa kali membuat pertahanan tuan rumah kerepotan, sementara Fiorentina mengandalkan kreativitas Borja Valero dan Milan Badelj dari lini tengah untuk memecah rapatnya pertahanan Napoli.

Nikola Kalinic punya kesempatan matang untuk bisa membawa Fiorentina kembali memimpin pada menit ke-31, sayang tembakan kerasnya digagalkan mistar gawang. Mistar gawang kembali menjadi ‘musuh’ Fiorentina ketika keberadaannya mementahkan tembakan kaki kiri Cristian Tello dari dalam kotak penalti pada menit ke-38.

Adanya dua peluang yang nyaris membuahkan gol membuat kepercayaan diri para pasukan Paulo Sousa meningkat. Semenit sebelum turun minum, Badelj melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti namun arahnya sedikit menyamping di kanan gawang Pepe Reina. Wasit menyudahi jalannya paruh pertama dengan kedudukan imbang 1-1.

Memasuki paruh kedua permainan, tempo permainan tak berubah. Fiorentina mengambil inisiatif terlebih dahulu untuk meningkatkan penguasaan bola dan menekan pertahanan Napoli dalam sepuluh menit pertama babak ini, dengan sejumlah serangan datang melalui kreasi Borja Valero, Mati Fernandez hingga pergerakan Tello dari sektor sayap.

Dua kali penyelamatan krusial dilakukan Ciprian Tatarusanu pada menit ke-58, selepas menggagalkan peluang Jose Callejon dari jarak dekat, kiper andalan Fiorentina itu bergerak cepat menepis tembakan kedua dari Higuain. Menit ke-65, giliran Fiorentina kembali mengancam, hanya saja tak optimal usai percobaan tembakan Fernandez jauh dari sasaran.

Masuknya Federico Bernardeschi dalam sepertiga akhir permainan semakin menambah variasi serangan La Viola, namun tak diimbangi dengan efektivitas serangan timnya. Maurizio Sarri merespon dengan memasukkan Dries Mertens menggantikan Callejon yang dinilai tak maksimal. Jual beli serangan terus dilancarkan kedua tim hingga memasuki sepuluh menit akhir.

Napoli bisa saja membawa poin penuh andai gol Higuain yang meneruskan umpan silang Mertens pada menit ke-85 tidak dianulir wasit akibat dalam posisi offside. Demikian juga dengan kans Insigne dari dalam kotak penalti di masa tambahan waktu yang dikandaskan Tatarusanu. Hingga wasit meniup peluit panjang, skor 1-1 menjadi hasil akhir. (JN19)

Gol
Marcos Alonso menit ke-3 (Fiorentina)
Gonzalo Higuain menit ke-4 (Napoli)

Susunan Pemain:

FIORENTINA (3-4-2-1): Tatarusanu; Roncaglia, Gonzalo, Astori; Alonso, Badelj, Vecino, Tello; Mati Fernandez, Borja Valero; Kalinic.

NAPOLI (4-3-3): Reina; Hysaj, Albiol, Koulibaly, Ghoulam; Hamsik, Jorginho, Allan; Callejon, Higuain, Insigne.

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...