Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Nelayan Batang Dianjurkan Ikut Asuransi

BATANG, Jowonews.com — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Batang, Jawa Tengah, mengarahkan pada para nelayan setempat ikut program asuransi sebagai upaya mendapatkan jaminan santunan saat mendapatkan kecelakaan di laut.

Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Batang, Sunarto di Batang, Selasa, mengatakan bahwa selama 2016 hasil tangkapan ikan nelayan mampu mencapai Rp4 miliar sehingga memungkinkan para nelayan mendapatkan jaminan kesehatan dan santunan kecelakaan saat melaut.

“Oleh karena itu, dengan estimasi Rp175 ribu dibayarkan untuk asuransi maka nelayan akan mendapatkan jaminan kesehatan maupun santunan, dan makin sejahtera,” katanya, Selasa (4/4)

Menurut dia, asuransi bagi nelayan itu sudah mendesak dilakukan karena selain untuk memberikan jaminan kesehatan juga kenyamanan bagi nelayan saat melaut.

“Kini sudah saatnya kita memperhatikan kesejahteraan nelayan karena selain mereka butuh pendampingan permodalan juga ‘safety’ atau proteksi. Dengan mengikuti asuransi, mereka akan mendapatkan jaminan,” katanya.

Kepala Dinas Kelautan, Perikanan, dan Peternakan Kabupaten Batang, Achmad Taufik mengatakan realisasi produksi ikan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Klidang Lor 1, Klidang Lor 2, Klidang Lor 3, Roban Barat, Roban Timur, Celong, dan Seklayu mencapai 36.928.520 kilogram.

Adapun untuk retribusi TPI yang disetorkan ke kas daerah, kata dia, sekitar Rp2,8 miliar sehingga pemkab sepakat mendukung arahan Komisi C terkait nelayan dimasukkan pada program asuransi. “Saat ini, jumlah nelayan sekitar 11.000 orang yang tersebar pada tujuh TPI tersebut,” katanya. (jwn5/ant)

BACA JUGA  PLTU Batang Akan Gunakan Batubara

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...