Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Nelayan di Selatan Jateng Diminta Waspada Gelombang Tinggi

Nelayan Mencari Ikan. (Foto : IST)
Nelayan Mencari Ikan. (Foto : IST)
Nelayan Mencari Ikan. (Foto : IST)

Cilacap, Jowonews.com – Nelayan di wilayah Jawa Tengah bagian selatan diimbau mewaspadai gelombang tinggi yang berpeluang terjadi di perairan selatan Jateng dan Daerah Istimewa Yogyakarta, kata Prakirawan Cuaca Stasiun Meteorologi Cilacap Feriharti Nugrohowati.

“Tinggi gelombang maksimum 3-4 meter berpeluang terjadi di perairan selatan Jateng-DIY sejak tanggal 1 Oktober, pukul 19.00 WIB, hingga 3 Oktober, pukul 19.00 WIB,” katanya di Cilacap, Kamis malam.

Dia mengatakan tinggi gelombang 2-3 meter berpeluang terjadi di pantai selatan Cilacap, Kebumen, Purworejo, dan Yogyakarta. Tinggi gelombang di wilayah Samudra Hindia selatan Cilacap hingga Yogyakarta berpeluang mencapai 3-4 meter.

Menurut dia, tinggi gelombang 3-4 meter berbahaya bagi nelayan tradisional yang menggunakan perahu berukuran kecil.

Selain nelayan, kata dia, wisatawan yang berkunjung ke pantai, terutama wilayah pantai yang terhubung langsung dengan laut lepas juga diimbau untuk berhati-hati dan tetap waspada karena tinggi gelombang tiga meter dapat terjadi setiap saat.

Ia mengatakan bahwa gelombang tinggi tersebut terjadi akibat adanya peningkatan kecepatan angin yang bertiup di atas wilayah perairan. “Kecepatan angin di atas wilayah pantai berkisar 5-18 knots yang bertiup dari arah timur hingga tenggara, sedangkan di wilayah Samudra Hindia berkisar 10-25 knots yang bertiup dari arah timur hingga tenggara. Oleh karena itu, kami mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi yang berlaku hingga tanggal 3 Oktober, pukul 19.00 WIB,” katanya.

Ia mengatakan bahwa peringatan dini gelombang tinggi tersebut telah disampaikan ke seluruh pengguna jasa kelautan di wilayah Cilacap, Kebumen, Purworejo, dan Yogyakarta. (JN03/Ant)

BACA JUGA  Peralatan Penangkap Ikan Nelayan Cilacap Perlu Dimodernisasi

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...