Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Nguri-uri Wayang Kulit dengan Gelar Lomba

KENDAL, Jowonews.com – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kendal kemarin menggelar lomba kenal wayang tingkat SD di pendopo kabupaten. Lomba kenal wayang bertujuan melestarikan kesenian wayang kulit.

Kabid Kebudayaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kendal, Itos Budi Santoso, mengatakan tujuan dari lomba mengenal wayang, yakni melestarikan budaya leluhur agar tidak sampai punah.

Sebab selama ini anak anak lebih mengenal tokoh di luar tokoh pewayangan seperti Satria Baja Hitam, Superman, Batman, dan Kapten Subatsa.“Denga  lomba mengenal wayang berarti kita nguri uri Kebudayaan Jawa sebab yang ada wayang kulit hanya di Indonesia,” ujar Itos.

Dengan lomba mengenal wayang, justru orang asing yang akan datang ke Indonesia, bukan terbalik saat ini orang Indonesia malah belajar budaya ke negeri orang seperti Malaysia.

Salah satu peserta lomba, Nadiya mengaku suka belajar cerita pewayangan, bahkan nama-nama pewayangan hafal semua termasuk nama Pendawa Lima.”Saya memang suka membaca cerita pewayangan, bahkan nama wayang kulit yang ada semua hafal termasuk  silsilahnya,”ujar Nadiya. (JN09/jn03)

BACA JUGA  Ditemukan Meninggal, Korban Kedua Banjir Kendal

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...