Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

NU Magelang Gelar Peringatan Nuzulul Quran

tahlilanMagelang, Jowonews.com – Islam mengajarkan kepada manusia untuk memberikan ruang bagi perkembangan tradisi dan budaya bangsa yang memberikan kemaslahatan kepada umat, kata Wakil Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Magelang, Ahmdad Madjidun.

“Islam tetap memberi ruang atas tradisi masing-masing suku atau bangsa yang memang positif dan memberi maslahat kepada umat,” katanya di Magelang, Jumat (3/7) kemarin saat  peringatan Nuzulul Quran 1436 Hijriah atau pada bulan suci puasa Ramadhan hari ke-21.

Menurutnya, ia mengajak umat Islam untuk memperhatikan salah satu ayat Al Quran untuk kemudian merenungkan maknanya secara saksama. “Sesungguhnya Aku (Allah,) menciptakan kamu (segenap manusia) terdiri dari jenis laki-laki dan perempuan, dan Aku (Allah) menjadikan kalian (manusia) bersuku-suku dan berbangsa-bangsa agar kalian saling (ta’aruf) memahami,” katanya ketika mengutip salah satu ayat dalam Al Quran.

Allah SWT menghendaki umat manusia menguatkan kesadaran terhadap “nation state” dan lokalitas kesukuan dengan tradisi budaya kehidupannya yang berbeda-beda. “Di sinilah Islam Nusantara, Islam Jawa, Islam Dayak, Islam Aceh, Islam Bugis, menemukan ‘sunnatullah’ sebagaimana termaktub dalam ayat tersebut,” katanya.

Islam mengakomodasi kekayaan tradisi dan kearifan lokal sebagai salah satu rujukan etika sosial kehidupan umat. 
“Jadi kita boleh tahlil, sebab tahlil itu intinya mengagungkan nama Allah, membaca ayat-ayat Al Qur’an dan berdoa dengan tata cara lokal atau tradisi,” pungkasnya. (JN03)

BACA JUGA  Khofifah Tegaskan Muslimat NU Netral di Pilkada

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...