Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

PAD Karanganyar Naik Signifikan

Juliyatmono-Rohadi Widodo
Juliyatmono-Rohadi Widodo
Juliyatmono-Rohadi Widodo

Karanganyar, Jowonews.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar di bawah komando Bupati-Wakil Bupati Juliyatmono-Rohadi Widodo mencatatkan prestasi gemilang. Adalah Pendapatan Asli Daerah (PAD) Karanganyar mengalami kenaikan cukup signifikan.

Tercatat, pada tahun 2013 pendapatan asli daerah (PAD) baru sekitar Rp 169,48 miliar, tahun 2014 naik hampir sepertiga atau sekitar 27,03 % menjadi Rp 215,29 miliar. Kenaikan tersebut diperoleh dari sektor pajak daerah yang terealisasi dari target hanjya Rp 61,9 miliar menjadi Rp 86,15 miliar. Sektor ini memang menyumbang paling besar dengan kenaikan mencapai lebih dari 38 %.

Bupati Juliyatmono menyatakan selain sektor pajak, pendapatan lain-lain menyumbang cukup signifikan dengan pendapatan mencapai Rp 92,73 miliar jauh di atas target sebesar Rp 69,9 miliar. ‘’Hanya sektor pendapatan retribusi dan hasil pengelolaan daerah yang masih belum menyumbang maksimal, karena target yang dicanangkan ternyata tak terpenuhi. Retribusi hanya menyumbang 28,71 miliar dari target Rp 29,4 miliar atau hanya 97 % saja,’’ ungkapnya, Selasa (9/6).

Namun demikian, selain itu hasil pengelolaan kekayaan daerah juga belum menghasilkan pendapatan maksimal karena hanya menyetorkan 94,47 % dari target sebesar Rp 8,1 miliar hanya tercapai Rp 7,69 miliar. Juliyatmono memastikan, dua sektor ini akan digenjot lagi agar bisa lebih maksimal. (JN03)

BACA JUGA  Bupati Purbalingga Ajak Kaum Perempuan Ikut Serta Terhadap Kemajuan Bangsa

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...