Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Pakar: Perbanyak Minum Air Putih Agar Puasa Lancar

air putihSemarang, Jowonews.com – Tubuh dalam siklus mencerna makanan ada jadwalnya. Selama 24 jam tubuh bekerja tidak pernah istirahat, terutama pencernaan. Dengan berpuasa maka akan mengistirahatkan tubuh  terutama lambung.
Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang dr. Widoyono pada Senin (22/06) mengatakan salah satu manfaat puasa adalah melakukan detoksifikasi. “Pencernaan kita itu seperti supermarket, semua makanan masuk dalam tubuh dan biasanya banyak racun dikandungan makanan yang masuk dalam tubuh,” jelas Widoyono di Semarang.
Lebih lanjut Widoyono menjelaskan detoksifikasi yang dimaksud adalah mengurangi kadar racun di dalam tubuh. Widoyono menjelaskan ketika pencernaan diistirahatkan maka akan terjadi proses pengeluaran racun dalam tubuh.
Selama buka dan sahur juga dianjurkan Widoyono untuk minum air putih. “Minum air putih saat sahur itu lebih baik dari pada minuman manis, perbandingannya air putih 3 gelas air minum 1,”  kata Widoyono
Selain itu, menurut Widoyono selama puasa diperbanyak mengkonsumsi sayuran dan buah untuk meningkatkan daya tahan tubuh.  “Boleh juga mengkonsumsi multivitamin untuk menjaga kondisi tubuh dengan dosis rendah” ujar Widoyono. (JN13)
BACA JUGA  Jelang Puasa, Harga Ayam di Solo Naik

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...