Jowonews

Logo Jowonews Brown

Pakistan Diguncang Gempa 6,4 Skala Richter

ISLAMABAD, Jowonews.com – Gempa dengan kekuatan 6,4 pada Skala Richter mengguncang bagian barat-daya Pakistan pada Rabu dini hari, kata Pusat Pemantauan Seismik Nasional Pakistan.

Belum ada laporan mengenai korban atau kerusakan harta yang dilaporkan dari daerah yang terpengaruh.

Guncangan kuat dirasakan di berbagai daerah di Provinsi Balochistan, bagian barat-daya Pakistan, termasuk Turbat dan daerah pantai Pasni serta Gwadar pada pukul 03.03 waktu setempat.

Pusat gempa mulanya dideteksi di satu daerah sekitar 23 kilometer di sebelah barat Pelabuhan Ikan Pasni, dengan kedalaman 10 kilometer, kata Pusat Seismik tersebut.

Guncangan itu, kata stasiun televisi lokal yang berbahasa Urdu –sebagaimana dilaporkan Xinhua, yang dipantau Antara di Jakarta, Rabu pagi– menimbulkan kepanikan di kalangan warga yang bergegas ke luar rumah mereka ke tempat terbuka kendati udara sangat dingin.

Pakistan termasuk di antara wilayah yang paling rentan di dunia terhadap gempa sebab negara tersebut terletak di daerah persimpangan lempengan tektonik India di selatan dan lempengan Eropa-Asia di utara.

Pada Oktober 2015, gempa dengan kekuatan 7,2 pada Skala Richter mengguncang beberapa wilayah Pakistan, menewaskan tak kurang dari 280 orang, melukai lebih dari 1.900 orang lagi dan merusak 100.552 rumah serta 1.426 bangunan sekolah.(jn22/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...