Jowonews

Logo Jowonews Brown

Panglima TNI dan Kapolri Pantau Persiapan Pengamanan Pelantikan Presiden

JAKARTA, Jowonews.com – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian memantau kesiapan pengamanan pelantikan presiden dan wakil presiden di berbagai titik, mulai Gedung MPR-DPR hingga Istana Negara.

“Hari ini, saya melaksanakan pengecekan di pos-pos pengamanan yang diisi TNI maupun Polri,” katanya di Graha Jala Puspita TNI AL, Jakarta, Minggu, seusai melakukan pantauan.

Pemantauan dilakukan di berbagai titik, antara lain Gedung MPR-DPR yang menjadi tempat pelantikan, pengecekan seluruh rute, dan kawasan sekitar, seperti Pejompongan.

Dari hasil pemantauan, kata dia, semuanya pada posisi siap untuk mengamankan pelaksanaan proses pelantikan presiden dan wapres terpilih.

“Standar operasional prosedur (SOP) juga saya cek dan mereka bisa menjawab,” katanya, didampingi Tito, serta jajaran pejabat TNI dan Polri.

Apabila terjadi penonjolan di wilayah-wilayah lain, kata dia, pos-pos di tempat yang mereka monitor juga akan melaksanakan kesiagaan jika sewaktu-waktu terjadi ancaman.

Selain itu, Hadi juga memastikan seluruh personel TNI di lapangan memahami Rule of Engagement (ROE) atau Aturan Pelibatan dalam kemiliteran.

“Di lapangan, selalu saya cek ROE, siapa berbuat apa dan bagaimana. ROE sangat penting dipahami dan mulai kemarin kita latihkan dari masing-masing satuan yang terlibat semua pengamanan ini,” katanya.

Hadi memastikan sejauh ini situasi keamanan tetap terjaga dan TNI-Polri siap menjaga kelancaran prosesi pelantikan Presiden dan Wapres periode 2019-2024.

“Mereka sudah siap, termasuk Ring 1, 2, dan 3, termasuk koordinasi TNI, Polri, dan ‘stakeholder‘ lainnya,” tegas Hadi. (jwn5/ant)

BACA JUGA  Jokowi Beberkan Ada Temuan Baru Terkait Kasus Novel Baswedan

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...