Jowonews

Logo Jowonews Brown

Papua – Ikan Asap Produksi Jayapura Makin Diminati

JAYAPURA, Jowonews.com – Ikan asap produksi Jayapura yang berlokasi di lantai II Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura mendapat kunjungan calon penumpang yang ingin mendapatkan ikan asap sebagai oleh-oleh.

Kepala Disperindakop Jayapura, Robert Awi di Jayapura, Kamis, mengatakan dalam sehari permintaan ikan asap berkisar antara 40 hingga 50 ekor.

“Dari 300 ekor ikan itu, kami kesulitan untuk mendapatkan ikan yang betul-betul berkualitas, sehingga kadang dihari tertentu saat stok habis di sana, kami tidak bisa mendapatkan pasokan segera,” katanya.

Robert mengatakan, ikan asap tersebut dipasarkan bukan saja kepada penduduk kota, tetapi juga kepada penduduk daerah lain yang berkunjung ke Papua melalui Bandar Udara Sentani.

Sayangnya jumlah permintaan kata Robert, terkadang melebihi stok yang tersedia sehingga hal ini yang menjadi kendala.

Ia mendorong pihaknya untuk terus melakukan pendampingan kepada pengusaha ikan asap agar menghasilkan produk berkualitas aman yang dapat diterima masyarakat.

Menurut dia, selama ini pihaknya mengambil hasil olahan ikan asap dari dua kelompok binaan. Satu kelompok merupakan binaan Disperindakop, sementara satu kelompok lainnya merupakan binaan Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Jayapura.

Harga jual ikan di Autlet ‘Ic Hko’ tersebut disesuaikan dengan harga beli dari pelaku usaha atau kelompok misalnya, kata Robert, jika dibeli dari pelaku usaha itu sekian, maka dilepas di Autlet dengan harga 12-15 persen dari harga beli.

“Sebenarnya pasar untuk ikan asap ini sangat besar sekali terutama untuk memenuhi kebutuhan domestik di Provinsi Papua,” jelasnya.

Ia mengharapkan Kota Jayapura dapat menjadi salah satu pemasok usaha ikan asap. Selain untuk buah tangan maupun sebagai nilai tambah bagi masyarakat di kabupaten lainnya, termasuk di Kota Jayapura.   (Jn16/ant)

BACA JUGA  BMKG : Kualitas Udara Bukit Tinggi - Agam Sudah Normal

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...