Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Kulineran di Pasar Inis Purworejo, Menikmati Sajian Kuliner Tradisional di Tengah Sawah

Pasar Inis Purworejo

Ingin mengisi liburan akhir pekan bersama keluarga? Jangan bingung, datang saja ke Pasar Inis Purworejo. Pasar unik di tengah sawah ini mengajak pengunjung menikmati suasana sambil mencicipi hidangan tradisional.

Pasar ini terletak di desa Brondongrejo, kecamatan Purwodadi. Meski berada di tengah pedesaan, destinasi wisata ini cukup mudah ditemukan. Jika sudah datang ke Jalan Jogja KM 7, pengunjung hanya perlu ke arah barat sekitar 3 km untuk melihat pasar tradisional yang terletak di tengah hamparan sawah yang sangat luas.

Kata Inis sendiri berasal dari bahasa Jawa yang berarti sejuk, segar dan semilir angin. Karena letaknya di pedesaan yang dikelilingi sawah dan pepohonan, pasar ini disebut Pasar Inis.

Pasar buka setiap hari Minggu menawarkan berbagai produk unik. Mulai dari suasana, dari kostum para pedagang, dari makanan hingga transaksi yang harus menggunakan uang bambu. Makanan yang disajikan dijamin fresh, tanpa bahan pengawet. Perlu diperhatikan bahwa orang yang ingin membeli makanan harus menukarkan uangnya dengan ‘Dit Pring’ yang disediakan di lokasi penukaran mata uang yang telah disediakan. Jika membeli langsung dengan cash tidak akan dilayani



Menu utama di Pasar Inis adalah nasi telang dan wedang telang. Namun banyak juga makanan tradisional yang ditawarkan dengan harga murah mulai dari Rp 500 hingga Rp 10.000.

Usai membeli makanan, pengunjung bisa duduk santai di bangku bambu yang tertata rapi di halte Inis. Selain berbagai jenis makanan dan minuman tradisional, pasar ini juga menampilkan berbagai pertunjukan seni seperti tari dolalak dan pertunjukan lainnya.

Tak hanya menyajikan aneka hidangan dan minuman, tempat ini juga dapat menjadi sarana refreshing dan quality time bagi keluarga setelah seminggu sibuk bekerja.

BACA JUGA  Tengkleng Solo, Kuliner Lezat Dari Tulang Kambing Yang Lahir Pada Masa Penjajahan

Perlu dicatat bahwa Pasar Iris hanya buka setiap hari Minggu mulai pukul 06:00 WIB hingga 11:00 WIB.

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...