Jowonews

Logo Jowonews Brown

Pasar Rengrang Banjarnegara, Tempat Nostalgia Jajanan Tradisional Tempo Dulu

Pasar Rengrang Banjarnegara

Jowonews.com – Apakah kamu termasuk orang yang kangan untuk menikmati jajanan tradisional tempo dulu? Ada baiknya kamu mampir ke Pasar Rengrang Banjarnegara yang menjual beraneka ragam jajanan tradisional.

Pasar Rengrang terletak di Desa Wisata Dawuhan, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Banjarnegara. Terletak sekitar 35 dari pusat kota Banjarnegara, Desa Dawuhan juga memiliki pemandangan yang indah. Pemandangan lembah disertai ratusan kelok pematang sawah dengan dikelilingi aliran Sungai Panaraban.

Pasar Rengrang Banjarnegara hanya buka setiap hari Minggu. Transaksi yang digunakan bukan menggunakan uang rupiah, melainkan uang kon yang terbuat dari kayu jabel. Koin ini memiliki nilai Rp 2.000 untuk setiap koinnya. Untuk itu, sebelum membeli jajanan tradisional di lokasi ini pengunjung perlu menukar uang rupiah ke uang koin lokal tersebut. Penukaran dapat dilakukan di rumah koin yang berada di dekat gerbang masuk Pasar Rengrang.

Apabila koin tersebut tidak habis dibelanjakan, pengunjung dapat menukarkan kembali uang koinnya menjadi uang rupiah.

Pasar Rengrang Banjarnegara Jajakan Aneka Macam Makanan Tradisional

Suasana di Pasar Rengrang Banjarnegara yang berlokasi di Komplek Wisata Desa Dawuhan

Pasar yang berada di jalur wisata Dieng ini banyak menjajakan makanan dan minuman tradisional. Sebut saja seperti Bubur Srinthil, Gethuk Lindri, Urap Jagung, Onde-onde, Pempek Telur, Nasi Gudeg, dan banyak lagi makan tradisional lainnya.

Sementara itu beberapa minuman yang dijajakan antara lain Es Dawet Ayu, Es Kelapa, Es Kuwut, Teh Teko, dan anaka minuman tradisional lainnya.

Makanan tradisional tersebut akan terasa lebih nikmat jika makan di lokasi dalam pasar yang telah disediakan. Sembari menikmati dinginnya hembusan angin pegunungan dan suara gemericik air Sungai Panaraban. Suasana di lokasi juga tidak panas, selain berada di pegunungan, pasar terletak di pinggir sungan dan di bawah rimbunnya pohon bambu. Pasar Rengrang, sesuai namanya yang berarti di bekas sungai yang telah jadi daratan.

BACA JUGA  Soto Garing Klaten, Meski Tanpa Kuah Tak Kalah Lezatnya

Suasana nostalgia tempo dulu juga akan semakin terasa karena pedagang yang menjajakan makanan di sini juga mengenakan pakaian adat/ pakaian lurik.

Sumber: Instagram @pasarrengrang

Harga Tiket Masuk Pasar Rengrang

Untuk masuk ke Komplek Wisata Desa Dawuhan, pengunjung dikenakan biaya Rp. 10.000 untuk setiap orang. Namun para pengunjung tak perlu khawatir karena selain Pasar Rengrang, pengunjung juga dapat memanfaatkan fasilitas lainnya seperti kolam renang, wahana bermain anak, outbound, hingga river tubing yang memacu adrenalin.

Kolam Renang Desa Wisata Dawuhan, Kec. Wanayasa, Kab. Banjarnegara

Lokasi dan Jam Buka Pasar Rengrang Banjarnegara

Pasar Rengrang terletak di Desa Wisata Dawuhan, Kec. Wanayasa, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Jam Buka: Minggu 07.30 – 13.00 WIB

Tertarik berkunjung ke Pasar Rengrang Dawuhan? Jika kamu berwisata Datarang Tinggi Dieng, lokasi ini bisa kamu masukkan salah satu daftar perjalanan yang akan kamu kunjungi. Demikian informasi terkait Pasar Rengrang yang dapat kami berikan. Semoga bermafaat.

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca juga berita lainnya...