Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Pasar Tumpah di Jateng Akan Diberi Batas Toleransi

pasar tumpahWonosobo, Jowonews.com – Guna memperlancar arus mudik Lebara, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjelaskan bahwa setiap pasar tumpah di sejumlah titik di provinsi setempat akan diberi garis batas toleransi.

Menurut Ganjar, pemberian garis tersebut adalah agar tidak mengganggu arus lalu lintas arus mudik dan balik Lebaran 2015. “Semua pasar tumpah nanti akan diberi garis batas maksimum boleh tumpah ke jalan raya sampai seberapa,” kata Ganjar usai melakukan pantauan jalur mudik di Kabupaten Wonosobo, Rabu (8/7) kemarin.

Dikatakan Ganajr, banyaknya masyarakat yang berlalu lalang di sekitar pasar tumpah juga menyebabkan kemacetan pada lalu lintas di sekitar pasar tumpah selain “melubernya” para pedagang hingga ke jalan. “Para pengunjung pasar tumpah yang berlalu lalang dan menyeberang di beberapa titik mengakibatkan terjadi kemacetan sehingga akan dibuat titik tertentu untuk menyeberang dengan sistem ‘on-off’,” ujarnya.

Ganjar meminta jajaran Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika untuk menambah petugas dan memasang rambu-rambu sementara di ruas jalan menjelang pasar tumpah. “Rambu-rambu itu berisi imbauan agar masyarakat berhati-hati karena akan melewati pasar tumpah,” katanya.

Bersasarkan data dari Dinhubkominfo Jateng, tercatat ada 25 pasar tumpah yang tersebar di beberapa kabupaten/kota di Jateng. Puluhan pasar tumpah itu antara lain berada di jalur pantura, seperti Brebes, Tegal, Pekalongan dan Batang. (JN03)

BACA JUGA  Awasi Pilkada, Bawaslu Siapkan Anggaran Rp 46 M

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...