Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Paslon Walikota Semarang Jalani Tes Kejiwaan

hendi itaSemarang, Jowonews.com – Bakal Calon Walikota dan Wakil Walikota melanjutkan ketahap berikutnya dalam syarat pencalonan pilwakot dengan tes kejiwaan di Rumah Sakit Jiwa Daerah Dr Amino Gondohutomo, Semarang, Kamis (30/7).

Wakil Direktur (Wadir) Administrasi, RSJD dr Amino Gondohutomo, Sri Mulyani  menjelaskan, ada tujuh dokter psikiatri yang terlibat dalam tes rohani tersebut yang meliputi tes psikiatri dan psikologi yakni wawancara untuk mencocokkan hasil test dengan gejala kritis, tes MMPI 2 (Minnesota Multiphasic Personality Inventory 2) untuk mengetahui integritas, corak kepribadian, adaptasi, dan risk behavior, tes Psikologi untuk memeriksa kemampuan intelektual IQ, kematangan emosional EQ dan kematangan sosial SQ, tes stress analyzer, tes neurokoqnitif, dan tes Napza.

Untuk tes Napza mempunyai enam parameter di dalamnya, yakni pemeriksaan meliputi benzo, Thc, Coc, Morp, Meth dan Amp. Dari semua tes tersebut, total terdapat 567 pertanyaan. “Kami menggunakan 7 Psikiatri, dan memiliki bidanngnya masing-masing. Untuk setiap tahapan tesnya, dibutuhkan waktu kurang lebih 1,5 jam yang dimulai dari pukul 08.00 sampai 15.00, dengan total 567 pertanyaan” jelasnya. 

Usai tes, salah satu bakal calon walikota Hendrar Prihadi secara mengejutkan dimintai do’a oleh salah seorang pasien dari RSJ dr. Amino Gondohutomo. Hendrar yang hendak pulang dari tes tersebut menerima jabat tangan dan mendoakan pasien tersebut semoga cepat sembuh. “Iya, saya doakan semoga kamu cepat diberi kesembuhan oleh Allah SWT. Al-fatihah.” Ujarnya seraya menengadahkan tangan mendoakan pasien tersebut.

Pasien bertato tersebut, menurut salah satu psikiater RSJ dr. Amino Gondohutomo  merupakan mantan pengguna narkoba. “pasien tersebut dirawat karena tidak bisa mengontrol dirinya akibat dari banyak mengkonsumsi narkoba.” ungkapnya. (JN14)
BACA JUGA  Hendi-Ita Bicarakan Program Kesehatan di RS Elizabeth

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...